Wednesday, March 19, 2014

Caraku mengatasi stress

Salam temanku dari Berbagi kisahku
Beginilah cara saya mengatasi stress atau tekanan dalam hidup.Sebagai orang yang lahir di kampung/desa dan juga dibesarkan di desa saya punya cara tersendiri untuk nengatasi rasa sesak dihati ketika banyak masalah terjadi dalam hidup saya.


Di antara cara itu bukanlah Berbelanja ke mall yakni saya berjalan atau bersepeda diarea pematang sawah atau jalan-jalan disawah atau ladang menyaksikan tanaman yang menghijau atau sedang dalam masa tanam.Kadang saya juga bersepeda melintasi kawasan hutan jati atau murbey (tanaman buat ulat sutra) sebab angin yang berhembus disepanjang jalan sawah,ladang,hutan ini akan bisa menyejukkan pikiran kita.Menyaksikan tumbuhan yang menghijau dan tumbuh subur ini buat saya meringankan rasa sesak didalam hati.


Adapun cara yang lain adalah bersepeda ke kawasan pantai.Deburan ombak dan angin kencang di pinggir pantai ini juga bisa membuat saya melupakan sejenak masalah apa yang melanda sambil berfikir bagaimana cara mengatasinya.Disana saya juga bisa berteriak sekuat-kuatnya untuk sedikit melegakan sesak didalam dada.

Sebagai orang kampung saya jarang sekali melakukan cara seperti berbelanja di mall atau pergi tempat hiburan sebab di desa saya tidak ada,paling juga pergi ke pasar itupun kalau ada uang la kalau tidak ada kan lebih baik pergi ke laut.Bukannya angin laut baik buat kesehatan dan yang jelas kopi penyemangat hariku.

Namun cara saya diatas adalah sedikit untuk mengurangi beban atau sedikit mengatasinya saja yang pasti dan yang paling penting adalah berdoa dan berserah diri serta berusaha aalah jalan yang paling baik.Sebab tanpa semua itu tidak akan ada gunanya meski kita menghabiskan uang untuk belanja atau kita nyebur ke laut kalau kita tidak bisa menerima segala takdir yang Tuhan berikan.kuncinya adalah iklas dalam menjalani hidup.meski saya sendiri juga bertanya pada diri sendiri "iklaskah saya menjalani segala yang Tuhan berikan??" namun saya selalu berusaha untuk merubah dan menjalani setiap peranan dalam hidup saya

salam

92 comments:

  1. Hmmmm... boleh dicoba nih.. berhubung sy seorang yg sering begituan... #setress... Makasih mbak dah berbagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe kok nisa hoby stress ya bang

      Delete
    2. Jika cara Mbak Indah manjur untuk ngilangin
      Seteres gak ada salahnya saya kapan waktu nyoba yah Mbak

      Delete
    3. Sepertinya tips ngatasin STRESS ini boleh juga dicoba, Hmmmmmmmmmmmmmmmmm

      Delete
    4. sekarang ini banyak orang stress hikhik

      Delete
    5. setelah pemilu dong pasti bakal lebih banyak yang stres...saking stresnya bisa telanjang dan berlari kesana kesini...jadi caleg ngga jadi...jadinya malah stres...keren kan?....;o)

      Delete
    6. Kalau yang stress mang Lembu wah gimana dunk. Bakalan ada pembagian UBI LEMBU gratis nih

      Delete
    7. hehe ini kan baru mulai mau pemilu bagi2 uang

      Delete
    8. Stres dikit dikit gakpapa. tapi jangan stress terus menerus,, nanti jadi gila lho... hehehe

      Delete
    9. Kalau caleg banyak yang politik Uang atau Money Politik, nah kalau pejabat sekelas Mang Lembu bagi bagi Ubi. Jadilah namanya "Ubi Politics"

      Delete
  2. saya hampir tiap hari stress mbak apalagi kalau tuhas kuliah banyak behh pusing kepala jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas yang sekolah dan yang kerja saja stress apalagi yang nganggur

      Delete
  3. hmmm...bersepeda belum pernah dicoba, paling dengerin musik klu lagi stress, tapi setuju ma jenx indah...klu berdoa berserah diri, dan berusaha mencari jalan keluar adalah cara terbaik

    ReplyDelete
  4. pasti seru ya mbak bersepeda disawah gitu itu
    stress mungkin hilang pada waktu itu
    kalau sudah selesai bersepedanya kembali lagi stressnya

    hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sambil cari jalan keluarnya mas biar stressnya nggak balik lagi

      Delete
    2. kalo nemu jalan keluarnya mah emang bakalan ngga balik lagi...kalau ngga nemu...yaa....gituh deh

      Delete
    3. kalau nggak nemu ya duduk manis jangan kemana mana ntar malah bingung

      Delete
  5. caranya boleh saya terapkan juga gak mbak

    ReplyDelete
  6. saya sendiri sih mbak kalo stress banget coba ngopi ditempat suasana baru biasanya penat nya ilang juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu juga solusinya mas mencoba ditempat baru

      Delete
  7. setiap orang pasti punya cara dan trik tersendiri untuk mengatasi streas ya mbak. Apapaun caranya, sebaiknya kita hindari streess karena cukup berbahaya bagi pikiran kita ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau berlanjut kan bisa berbahaya ya mbak

      Delete
  8. Dari pada stress baca ini aja mbak http://ikerenki.blogspot.com/2014/03/cara-menjadi-artis-terkenal.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa saya bisa jadi artis terkenl ya...hehe

      Delete
  9. kalau saya sih cukup dengan main game aja mbak. banyak minum dan banyak makan. stress berkurang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau disini saya juga begitu mbak paling main game sama pelampiasan makan

      Delete
  10. Boleh juga cara nya Mbak Indah gak ada salah nya saya
    Ikut nyoba, yang penting bisa ngilangin stres yah Mbak Indah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak cara mas itu cuma diantaranya saja

      Delete
  11. banyak cara untuk menghilangkan stres salah satunya cara yang dilakukan jenx indah.
    dulu saya sering mengalami stres dan banyak cara saya gunakan untuk menghilangkannya.
    akhirnya saya pasrah dan ikhlas menyerahkan semua pada Illahi serta mengambil prinsip " mengalir seperti air " hingga sekarang.
    alhasil jarang sekali saya stres kecuali kalau lagi lapar hehehehehehehe
    terima kasih berbaginya jenx indah ini sangat bermanfaat buat rekan yang suka stres

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas ini cuma sedikit buat yang suka stress karena kerja atau sekolah

      Delete
  12. kalau saya kadang dengan mendengarkan lagu-lagu di laptop sudah mengembalikan mood yang hilang akibat stress

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik ya sob kalau ringan saja

      Delete
  13. Kalau saya stress yah,,berusaha di bawa tidur saja,,dibawa dengar music juga tetap masih stress,! Saya selalu berusaha tidur saja saat pusing atau stress,, dibawa baring sambil mikir,lama lama ketiduran juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang nggak bisa tidur juga mas guling sana sini saja

      Delete
  14. mksih infonya gan
    visit back klu ad wktu ya..

    http://maszhiday.blogspot.com/

    ReplyDelete
  15. sama mb... kalau saya lagi stress biasanya langsung jalan buat ngeliat suasana yang indah dan tenang.. biar cepet rilex.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang tenang itu membuat pikiran kembali jernih ya mas

      Delete
  16. waduh saya nih juga sering stress berat mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu nerapin nih mas cara diatas

      Delete
  17. kalau ane sih suka maen PES sob. Cocok maen PES kalau pas lagi stresss. Dijamin stress nya hilang hahaha Mantap sob artikel nya

    ReplyDelete
  18. kalau stress saya suka melihat keindahan alam..

    ReplyDelete
  19. Biasanya kalo stres saya larinya ke makanan, bawaanya laper :)

    ReplyDelete
  20. memang kalau stres bikin pusing harus membuat kesibukan yang menyenangkan agar stres bisa hilang :)

    ReplyDelete
  21. Klo kta bang hj si obatnya iman N tagwa. ,,, klo kta mb tix naik sepeda ya mb? Naik odong" bs gak mb..??:-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mas naik becak dokar boleh semua asal bayar

      Delete
  22. boleh juga tu jenx tips nya, kalau saya biasanya pergi ke kebun untuk ngilangin stres hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh juga ya mas asal jangan nyuri mangga tetangga

      Delete
    2. hehehe di daerah saya gak ada mangga jenx, adanya pelem ckakakakakakaka

      Delete
  23. Kopi penyemangat hidup. Lho? Kok bisa sama dengan saya mbak Indah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kopi tetep nggak ketinggalan mas dalam suasana apapun

      Delete
  24. Stress memang sangat menyebalkan kalau hal ini melanda, saya lebih suka memecahkan soalnya ketimbang lari dari masalah, masalah yang menyebabkan stres! Tapi kalau tidak bisa juga, cara yang mbak jens lakukan paling ampuh menyegarkan otak bagi saya. Yaitu menikmati karya Tuhan yang paling seksi, bercanda dengan alam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak kalau kita lari juga tetap mengejar kok

      Delete
  25. kalo saya dibawah main game mbak, tapi kadang2 jadi tambah stress karena kalah mulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Main zombie yah mas bayu :D

      Delete
    2. saya juga kalah terus padahal game nya mudah

      Delete
    3. flappy bird mas hahaha

      Delete
  26. kalau saya main sama temen2 ke pantai :D

    ReplyDelete
  27. Mengatasi stres dengan cara jitu dah murah hanya dengan wudhu dan sholat Mba. :D

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada juga waktunya buat refresing mas

      Delete
  28. setiap orang memang mengatasi stres dengan cara mood yang berbeda ini cara mbk indah.. klo cara saya cukup dengan makan es krim ato coklat hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aneh juga ya sob tapi kalau bisa ngilangin sih boleh saja

      Delete
  29. saya sih kalau stress paling merenung sambil ngerokok udah deh tambah stress :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya saya seperti itu tambah stress mas

      Delete
  30. wah.. kalau saya sih biasanya nyalain komputer untuk menghilangkan stress mba' ..
    tapi kalau dilihat pada komentar yang ada sepertinya setiap orang mempunyai cara-yang berbeda-beda ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mas yusuf.. ditempat saya juga panas..
      jauh dari pantai dan pegunungan..
      tp msh deket sama persawahan..heheh
      kl mau ngilangin strees tinggal berkunjung di blog ini :D

      Delete
    2. kalau ngilangin stress setiap orang berbeda ya mas ya tinggal cari yang enak dan mudah saja

      Delete
  31. berarti mbak indah sama seperti saya, sebenarnya mbak indah ini suka keindahan alam alias pecinta alam, hehehe :D
    oya, saya mengundang mbak indah menulis di http://helofren.com :) makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih banyak undangannya mbak saya kumpulkan percaya diri dulu ya mbak semoga bisa cepet nulis kesana

      Delete
  32. kalau saya biasanya sih kumpul sama teman mbak untuk atasi stress ;)

    ReplyDelete
  33. stress kalau sudah menyerang saya biasanya saya langsung nyanyi kuat - kuat sambil jerit - jerit mbak
    :D

    ReplyDelete
  34. biasanya stres mslh apa y :)

    ReplyDelete
  35. stres kalau dibiarkan terus bisa mengganggu kesehatan jadi sebaiknya dibikin rileks saja yah mbak :)

    ReplyDelete
  36. Kalau saya stress mbak, biasanya langsung deh main game atau buka blog,, hehe

    ReplyDelete
  37. Kunjungan Pagi mbak.. bngung mau komentar apa ?hehehe

    ReplyDelete
  38. kalau saya buat menghilangkan stress biasanya touring2 mbak hehe...yah sekalian cari foto dokumentasi buat postingan blog juga :D

    ReplyDelete
  39. Kalau saya mengatasi stress biasanya dengerin lagu yang bahagia terus menulis
    Kembalilah aku tersenyum manis

    ReplyDelete
  40. Saya kalau pas Stress menyendiri, menenangkan pikiran, merokok dulu sambil ngopi Mbak,

    ReplyDelete
  41. kalau sudah stress berat memang harus segera di atasi ya mbak, jangan sampai masuk di RSJ hehe :D

    ReplyDelete
  42. Salam kenal Jenx Indah. tips-nya sangat bermanfaat, betul apa yang Jenx Indah sampaikan, yang penting adalah bersyukur. karena keadaan itu adalah yang terbaik diberikan oleh Tuhan. masih banyak yang kondisinya di bawah.

    ReplyDelete
  43. iya sepakat sama mas rachmat tubagus, sebaiknya kita selalu bersyukur atas pemberiannya ya :)

    ReplyDelete
  44. Kalau menu rutinnya seperti itu, menurut saya jenx indah ini pasti termasuk orang yang sulit..
    Sulit untuk stress he..he..

    ReplyDelete

Trimakasih sudah berkunjung
salam persahabatan