Tuesday, December 24, 2013

Cara memasak ayam merah (sambal)

Salam temanku
Ayam masak merah atau ayam masak sambal atau juga selalu disebut dengan ayam bumbu bali
Untuk yang ini saya buatnya adalah ayam masak merah versi saya
Bahan yang di gunakan :

  • 1 ekor ayam
  • 1 batang serai dimemarkan
  • sos tomat
  • sedikit lengkuas
  • Tomato pure (kalau tidak ada tidak mengapa)
  • Garam,gula,penyedap rasa
  • minyak untuk menumis
Bahan yang dihaluskan:

  • Cili kering tapi bisa di ganti dengan cili biasa
  • 3 butir bawang besar

  • 3 bawang putih
  • sedikit terasi 
Caranya:

  1. Cuci ayam yang sudah dipotong-potong kemudian toskan dan lumuri dengan garam dan kunyit
  2. Panaskan minyak kemudian tumis bumbu yang sudah di haluskan,tumis hingga harum
  3. Masukkan serai dan lengkuas lalu masukkan sos tomat dan tomato pure
  4. masukkan garam ,gula,penyedap rasa<sesuaikan dengan selera anda> yang pasti rasa harus seimbang antara asin,manis,dan asam
  5. Bila sudah pas dengan selera anda baru masukkan ayam dan bila perlu tambahkan 1 bawang bombay yang dipotong bulat
Beginilah hasilnya... Ayam merah(ayam sambal) siap dihidangkan bersama sajian makan anda
Selamat menikmati

138 comments:

  1. Kok mirip sm kl istri saya bikin ayam bumbu bali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ada ayam bumbu kali ?

      Delete
    2. mas pri kurang lebihnya....seperti itu

      mas adus ada to

      Delete
    3. wah hebat nih saya bisa numpang makan

      Delete
    4. saya juga mau numpang makan mang.. kita bareng saja ya mang numpang nya hahhahaha

      Delete
    5. saya masih kebagian nggak nih ayam merah sambalnya, soalnya saya dateng terlambat hehe...

      Delete
    6. kebagian cuci piring dong mas :hehe

      Delete
    7. Wah kayaknya sudah gk kebagian nih ayam merah sambalnya, kalau gitu tinggal parkir aja deh :D

      Delete
    8. saya bawa ayam hitam, masakin donk...

      Delete
    9. pasti enak ya mbak, ayam merah sambal ini :D
      jadi pingin saya, hehehe :)

      Delete
    10. saya terima matengannya aja mbak

      Delete
    11. Ini kesukaan saya Mbak Indah setiap saya
      Kumpul sama teman kerja ku pasti bikin
      Ayam merah sambal mantep rasanya :)

      Delete
  2. saya suka sekali dengan masakan ayam bumbu bali. rasanya makyusss....hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelas harus suka tradisi sendiri

      Delete
    2. kalau saya belu pernah nyoba ayam bumbu dari bali, saya tunggu deh kirimannya eheheh

      Delete
  3. Saya paling suka pedas mbk :) sepertinya selera saya banget ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibuat super pedas juga bisa mas

      Delete
    2. saya nggak suka pedas loh.. jadi jangan pedas pedas ya masak ayamnya..?

      Delete
    3. saya mah pedas suka, nggak pedas oke...

      Delete
    4. Saya pesan satu Mbak Indah pedas gak apa-apa
      Di pincuk yah Mbak Indah makasih

      Delete
  4. klo dging dibikin apapun jadi ngejossss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting jangan masuk tong sampah sebelum dimakan

      Delete
    2. hehehe, klo dimasukin di thong sampah pasti langsung raib .. :D

      Delete
  5. Saya paling suka jika diberi Ayam bumbu bali

    ReplyDelete
  6. slurrrp...
    jadi hari harinya dihabiskan dengan ujicoba makanan nih mbak.
    biar besok atau mungkin sudah buka restoran khas pati sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mas...x aja bisa buka cafe lesehan nanti

      Delete
    2. wiss kelasnya sudah caffe nih mbak indah.. ntr kalau promosi undang saya ya mbak.. hehehe

      Delete
    3. hehhehe jangan kuatir mas nady

      Delete
  7. satu ekor ayam, ekornya bisa dimasak yah hehehe.. piss mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas intan kalau suka bisa di campurkan lho hehe

      Delete
    2. maksudnya brutunya mas hohohoho

      Delete
    3. memang ekor sama buntut sama? :o

      Delete
  8. saya mw juga dipaketin ayam masak merahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mbak maya tinggal bungkus

      Delete
  9. cocok banget mbak ayam merah sambel ini unutk menu makan siang hehehe soalnya sedang laper nich hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak ini menu makan siang saya juga..ayo..sama2

      Delete
    2. Saya gak pernah makan siang Mbak paling sukanya makan nasi hehehe....

      Delete
    3. wah sama banget nih dengan saya mas marnes, nggak pernah makan sian, makan malam juga belum pernah saya, cuma makan nasi biasanya ckckckckck

      Delete
    4. saya juga masih makan nasi mas

      Delete
  10. Warna ayam nya menggoda
    enak pasti terasa

    ReplyDelete
  11. boleh mampir sejenak kan broo
    http://rengga-blogs.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak boleh bro...kalo cuma sejenak doang mah, siapin dulu pancinya buat bawa berkat ayam yang udah dimasak Mbak Indah :D

      Delete
    2. mas rengga di mana mana comennt nya sama saja... huuuuuuu

      Delete
    3. Ditunggu ya mas rengga

      Delete
    4. iya nih...lagi masak kok cuma sebentar, nunggu ayam merahnya mateng sekalian mas :)

      Delete
  12. Bermanfaat nih, oh iya, tos itu apaan mbak? Maklum nggak pernah masak

    http://masdidiwirawan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. diangkat lalu di tapis biar airnya turun mas...

      Delete
  13. hahaha asem taming nya kurang tepat nih mbak saya kesininya...

    karena sekarang cacing yang konser dalam perut saya lagi rame ramenya nih mbak, malah di suguhi ayam seperti ini ya makin keras aja nih cacingnya kalau konser.. hhehehe..

    boleh ngiler di sini nggak mbak,? soalnya wes ra betah ki mbak.. kudu ndeler wae ilere.. hehehehe

    sedot dikit ah biar nggak banjir di sini,, suuutttrrrtrtrtp xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak boleh ngiler disini mas takut bau ntar blognya :D

      Delete
    2. dikit aja kok mas, udah nggak bisa di bendung nih...

      Delete
    3. kapanpun boleh dicoba mas2

      Delete
    4. kalau mau ngiler di bantal aja mas Nady :d

      Delete
  14. Wuiiih...ini baru gurih-gurih enyoy nie....
    Waduuuuh.....panci saya ketinggalan lagi...
    panci mana panci........

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan bawa panci donk mas, ntr saya nggak kebagian, bawa mangkok saja ya...?

      Delete
    2. nggaapa bawa panci asal jangan sebesar priuk..kalau bawa mangkuk sebesar kuali kan sama mas...

      Delete
    3. Waduh gurih gurih enyoy kebiasaan nonton si mancung ya mas hehe :)
      mbak indah saya pesen dong ke tasik ayamnya hehe

      Delete
  15. Direkam dulu resepnya mbak Indah...terima kasih sudah berbagi resep sambal ayam merah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas...trimakasih kembali

      Delete
  16. cara bikinnya simpel yaa jenk. sy harus bisaaa...>!!!! hehehe

    ReplyDelete
  17. kebetulan saya belum pernah nyoba resep ini, saya copas dulu deh buat nanti hari minggu di prakteka hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mang.. tapi ayamnya jangan di kopas ya mang.. soalnya saya juga belum nyicipin ayamnya.. ckckckck

      Delete
    2. betul mas kalau ayamnya di copas bahaya

      Delete
  18. enyak-enyaak ... mbak ... udah masak itu berapa kali tuh ... hehe. Gimana kalau bikin video demoonya ...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah menjelaskannya masih susah mas

      Delete
  19. kelihatannya pedas banget nih, tapi biar pedas tetap mantap ayam merah buatan mbk jenx. hehe

    ReplyDelete
  20. Wah mantab nih resep cara masak ayam merah nya mbak..

    ReplyDelete
  21. Replies
    1. boleh di coba mas resepnya terus dimakan

      Delete
    2. Boleh juga tu mbak.. Kayaknya enak tu mbak :)

      Delete
  22. cili itu cabe ya mbak ? :)

    ReplyDelete
  23. Wah..posting mbak indah
    Mesti bawa berkah nih...buat penjual ayam

    Salesnya bisa,ngelonjak..100%....hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga yang baca langsung pada beli ayam dan yang jyal ayam juga ikut praktek ya mas

      Delete
  24. mohon ijin tak simpen resepnya, kebetulan ibue' seneng berekperimen dan berekspresi lewat masakan....;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih saya juga suka coba coba resep di dapur. DI simpan dulu baru dipelajari lagi

      Delete
    2. dimakan dulu baru dimasak baru disimpen hehe...

      Delete
    3. silahkan-silahkan jangan sungkan2

      Delete
  25. wah kalau lihat masakannya mbak Indah jadi laper perut saya, apalagi ayam merah sambalnya kelihatan menggoda nih, boleh saya nyicipin mbak hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mas tapi ingat piringnya ya itu pinjeman

      Delete
  26. wah pagi2 sudah dibuatkn ayam sambal sama mbak indah :D

    ReplyDelete
  27. Replies
    1. masih kalah sama masakan chef ronny kok

      Delete
  28. buat perut saya berbunyi kelaparan pula melihat gambar di atas.. hehe.. saya suka makan ayam masak merah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang suka ya mizz sebab simple

      Delete
  29. waaah liat gambarnya aja udh nyesss ;) heehe ijin copas buat di print yaa ::)

    ReplyDelete
  30. nah mantab neh resep. bookmark dulu mbak, biar istri besok belajar masak ini dah. :D

    ReplyDelete
  31. Pasti enak banget tuh ayam sambal :D

    ReplyDelete
  32. komplit..tinggal disantap...gambarnya..heheheh

    dah dimatiin blom kompornya..
    di pc ane keluar asap...hehehehe

    ReplyDelete
  33. kalau ngikuti resep ini pasti dijamin bisa membuat masakan ayam merah sambal ya mbak. Perlu dicoba nich resepnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo kita coba rame-rame mbak hihi

      Delete
    2. saya sih bagian nyicipin aja deh soalnya nggak bisa masak haha...

      Delete
  34. Thanks, Jenk...kebetulan aku juga hobi masak, he he...

    ReplyDelete
  35. Jenk.. Kmu ini pantasnya buka restoran jenk.. Resepnya manteb"..
    Ayam merahnya masih ada nggak? Mau nyicip

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh nih tapi jangan lupa nyicipi ya kalau buka resto

      Delete
  36. Saingannya Ayam samberl rica rica ya mba. bisa di adu pedasnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan diadu ach mas Fazri,,,kasihan sesdama pedas jangan saling mendahului hehehe

      Delete
  37. Ijin copas resepnya mbak Jenx,nanti mau saya coba yah,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah berarti resepnya mantap mbak soalnya kang Dede aja sampai mau nyoba hehe...

      Delete
  38. wow, sambelnya mantab, jadi pengin makan nih

    ReplyDelete
  39. resepnya saya catet dulu mbak, biar nanti kalau ada yang mau masakin bisa dicoba resep ini hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti ada yang mau masakin mas..tinggal bilang warng sebelah

      Delete
  40. resepnya saya bukkmak dulu ka :)

    ReplyDelete
  41. dengan memakai ayam kampung atau pedaging hasilnya apakah sama ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak sama mas..sebab ayam kampung agak keras karena dia makan alami kalau ayam daging dia kan seperti jamur..agingnya cepat lembut

      Delete
  42. Enak banget nih ayam merah nya + sambal hmm gurih-gurih enyoy :) makasih ya mbak :D

    ReplyDelete
  43. bahan dan cara memasak nya nggak begitu rumit ya mbak. Tinggal kita masak dan langsung bisa dicoba masakan ayam merah sambal ini. Luar biasa mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini juga bisa di ganti sama ikan mbak...sama ikannya juga digoreng dulu kalau misalnya mau versi yang lain

      Delete
  44. Wah saya ketinggalan ayam merah sambal
    Mudah-mudahan masih kebagian Mbak Indah

    ReplyDelete
  45. Menu makan malam ini lauknya ayam merah lagi sobat ayo mari kita santab bersama..

    ReplyDelete
  46. Saya salah seorang penggemar kuliner ayam merah sambal loh Mba.......

    Salam,

    ReplyDelete
  47. waduh...
    salah masuk ke dapur nih
    niatnya mau ke ruang tamu, bu... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehee.. mas rawins udah salah masuk ga langsung keluar lagi, malah matok didapur.

      Delete
  48. Untung resepnya saja ya. Kalau matangnya saya pasti gak kebagian.

    ReplyDelete

Trimakasih sudah berkunjung
salam persahabatan