Wednesday, April 2, 2014

Apakah anda seorang pelupa??

Salam temanku dari Berbagi kisahku
Apakah anda seorang yang pelupa karena anda susah mengingat sesuatu????



Ketika seseorang berupaya fokus pada satu pekerjaan atau mencoba mengingat suatu gambar atau nama seseorang maka pada saat yang bersamaan orang yang bersangkutan takkan mampu memperhatikan segala sesuatu yang pasti ini akan sangat menyakitkan otak kita.

Yang menarik, ternyata penelitian menunjukkan anak-anak yang lahir di era milenium (sekarang berusia 18-34) lebih pelupa dibanding generasi sebelumnya. Umumnya mereka sulit mengingat hari dan hal-hal kecil lainnya seperti di mana meletakkan kunci atau lupa membawa bekal makan siang.Meski saya bukan golongan dari generasi milenium karena saya adalah golongan generasi emas saya juga sering mengalamai yang namanya "lupa" saya jarang sekali bisa ingat nama orang ataupun mengenali wajah hanya dengan sekali bertemu.Masih untungnya saya masih bisa mengingat nama saya sendiri bisa di bayangkan kalau tidak ingat...

Meski begitu, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan daya ingat. Salah satunya adalah menuliskan catatan kecil di mana Anda meletakkan barang atau hal-hal penting lainnya. Gunakan waktu-waktu senggang untuk menghapal, atau mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan daya ingat.Namun itu juga tidak bisa menjamin karena saya juga sering buat catatan untuk mengingatkan anehnya lagi saya lupa dimana saya letakkan catatan itu.anehnya lagi sudah pakai alarm di hp dianya juga tidak mau bunyi aneh bukan????

Dalam setiap kesempatan teman-teman saya selalu mengingatkan misalnya hari ulang tahun mereka atau hari lain yang bersejarah atau mengingatkan tentang sesuatu yang pasti juga cukup penting untuk kehidupan saya.Satu waktu saya pernah dapat undangan temen saat hari ulang tahunnya ,satu hari sebelum hari H nya dan saya pun sudah buat rencana buat kasih kado tapi sayang sekali otak saya langsung blank tidak bisa ingat dengan kejadian yang baru saja saya rencanakan.Ulang tahun sendiri saja saya tidak ingat apalagi hari istimewa orang lain yang jelas sekarang mengingatkan saya akan lebih bagus.

salam...

53 comments:

  1. Waah aku juga pelupa mbak,, hehehe

    Soalnya saya pernah lupa. kunciku saya taruh mana, saya gak tahu, saya sudah mencari carinya tapi gak ketemu juga. saya juga tanya sama teman2ku, eh ternyata kuncinya saya pegangin sendiri... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelupa kan bukan suatu penyakit

      Delete
    2. kang Yahya itumah pengalaman kake saya dulu,beliau meter-mute mencari kampak,padahal kampaknya dia pegang sendiri hahaha

      Delete
    3. hehe iya mbak,, saya jadi malu sama deman2 saya..

      Delete
  2. bener juga sih.. bener banget... kira kira penyebabnya apa yah ?? apa gara - gara jenis makanan yang dikonsumsi??? :)

    ReplyDelete
  3. lalu…. ,solusinya apa tuh biar bisa gak lupa.

    Saya juga seorang pelupa, terutama saat-saat terakhir ini. Sebabnya saya tahu, yaitu banyak yang saya pikirkan.
    Lupa yang saya alami, lupa tujuan awal. Misalnya saya berniat mengambil sesuatu di tempat berbeda kemudian saya berjalan menuju tempat itu. Sampai disana lain yang saya kerjakan. Kembali ke pisisi semula baru saya sadar. Oh iya, tadi itu…., bahkan saya susah untuk mengingatnya walau akhirnya teringat juga. Keadaan ini, biasa saya atasi dengan menyelesaikan masalah utama dan fokus bisa menuntun saya untuk terhindar dari “lupa”.

    Ini sedikit pengalaman dari Berbagi Kisahku. Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga sama e mbak...solusinya sih ya tenang dalam pikiran saja

      Delete
  4. ane pelupa, tapi itu wajar karna kita manusib :)

    ReplyDelete
  5. mungkin kita menjadi pelupa karena segalanya tergantung pada google, jika ingin tahu tentang sesuatu tinggal tanya google

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lupa naruh piring mas masa yo tanya mbah google

      Delete
    2. Kalo itu mah nanya ibu mba' Indah kwkwkwkw

      Delete
  6. saya orgnya pelupa mbak, katanya org2 tua dulunya saya terlalu kebanyakan makan semut, hehehe :D

    ReplyDelete
  7. wah jangan-jangan mbak indah juga lupa ama aq karena aq baru ngasih komentar diblog ini 3-4 kali.hehehe

    ReplyDelete
  8. saya juga akhir-akhir ini suka lupa mbak, pada sudah saya catat dalam memory otak saya, tapi tetap saja masih suka lupa. Apa mungkin karena faktor usia ya hmmmmm Thanks mbak indah atas share nya ;)

    ReplyDelete
  9. kata orang saya punya memori yang bagus, bisa mengingat apa yg dibaca dan didengar untuk waktu yang lama.. tapi kalau wajah orang, saya susah mengingatnya, apalagi orang baru :)

    ReplyDelete
  10. Berbicara soal lupa jadi teringat akan cerita lama ( Kake saya ) namun kebiasaan lupa ternyata tidak pandang bulu,siapa saja bisa mengalami Lupa ,baik muda ataupun tua,dan itu saya rasa manusiawi wajar,,untuk solusinya mungkin harus banyak makan vitamin yang bisa meminimalisir lupa hehehe

    ReplyDelete
  11. hehehe saya termasuk orang yang sedikit pelupa mba jenx

    ReplyDelete
  12. saya bingung, lupa ini obatnya apa ya? kebanyakan orang suka lupa...

    ReplyDelete
  13. lupa itu pasti ada pada setiap manusia karena memang manusia itu tempatnya lupa termasuk saya juga. hehee

    ReplyDelete
  14. saya juga termasuk pelupa mb.. butuh proses buat ingat kembali. bahkan sedang ngobrol pun kadang lupa apa yang ingin dibicarakan.. :D

    ReplyDelete
  15. saya juga seorang yang pelupa.. selalunya saya akan menulis di satu buku kecil atau handphone perkara penting yang perlu dilakukan..

    ReplyDelete
  16. kadang kadang sih lupa bak kalu lagi banyak masalah nice share

    ReplyDelete
  17. artikel yang fressh ni, lanjutkan sharing nya
    kunjungan nya ditunggu

    ReplyDelete
  18. kalau sudah sibuk biasanya hal-hal yang penting jadi ikut lupa juga, memang perlu dicatat yah mbak biar jadi pengingat saat kita lupa, makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  19. hmmm...pernah ninggalin kunci rumah didepan pintu, jadi sehari semalam bergelantungan, untung gak ada perampok, hehe...kira2 makanan apa yang bikin gak lupa, Mbak?

    ReplyDelete
  20. Untungnya sekarang kita bisa alat-alat yang dekat dengan kita sebagai alat pengingat, misalnya hp. Oh ya, karena saya pelupa, saya juga pake kertas kecil yang sering saya taruh di saku baju, untuk mengingatkan apa yang harus saya lakukan hari itu, ketika banyak hal-hal yang harus diselesaikan.

    ReplyDelete
  21. saya kadang kadang "pelupa" mba, tergantung mood :v hihii

    ReplyDelete
  22. saya sebenarnya juga sering mengalami lupa.. untung saja saya tidak pernah lupa istri saya.. hehehehe

    ReplyDelete
  23. Wah saya termasuk orang yang pelupa loh mbak. Saya sering lupa naruh sesuatu mbak. Saya juga lupa naruh hati saya di mana.. Hahahaha

    ReplyDelete
  24. saya ini termasuk orangnya agak pelupa
    tapi gak terlalu low
    hehe

    ReplyDelete
  25. Saya juga termasuk orang pelupa
    Apalagi kalau asyik main internet
    kadang suka lupa waktu hehehe :D

    ReplyDelete
  26. Kalo sama ultah sendiri lupa
    Tapi dg yg tercinta
    Selalu ingat kapan saja
    Apa dan maunya

    Hihi

    ReplyDelete
  27. Aku pelupa nih :'(
    Tapi ibu saya adalah mesin pencari barang :D hehe
    Jadi kalau aku kelupaan sesuatu bisa nanyain ibu hehe

    ReplyDelete
  28. kenapa kalau maen kesini, awalnya selalu diajakin dulu ke template mobile ya....?!
    setelah dimuat ulang barulah persi webnya muncul....?!

    ReplyDelete
  29. saya sering mengalami kelupaan kalau sedang terburu - buru, tipsnya harus di lakukan nih menulis note kecil supaya tidak lupa
    thanks mbak Indah :)

    ReplyDelete
  30. saya salah satunya Jeng, gak tau pengaruh apa ya kok saya jadi sering pelupa padahal masih muda :D

    ReplyDelete
  31. saya termasuk sering lupa, yg jarang lupa kalo sudah waktunya makan :)

    ReplyDelete
  32. saya orangnya juga pelupa mbak, apalagi ada sesuatu pekerjaan yang ingin di lakukan trus di tunda2, beberapa detik/menit/jam/hari tiba2 udah hilang aja dari ingatan

    ReplyDelete
  33. alhamdulillah saya bukan termasuk orang pelupa mbak ;)

    ReplyDelete
  34. zaman sekarang memang sepertinya lebih cepat lupa ya...mungkin karena terlalu banyak tehnologi yang memudahkan aktifitas...beda dengan jaman dulu..yang masih serba alami...jadi daya ingat juga masih oke ..
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  35. Untuk tidak lupa maka saya dateng walau telat nih Mba.... :D


    Salam

    ReplyDelete
  36. saya ini termasuk orang yang lupa-lupa ingat mbak...w=hihihi

    ReplyDelete
  37. Wah cocok banget tipsnya Mbak kebetulan akhir-akhir ini saya sering lupa. Agak pikun-pikun gitu mungkin pengaruh usia kali ya. Makasih tipsnya :)

    ReplyDelete
  38. Saya juga sering banget lupa mba; Indah, apalagi kalo sudah numpuk tu yang namanya kerjaan, masih perlu belajar menejemen waktu lagi ni mba' supaya g keteteran.

    ReplyDelete
  39. saya juga pelupa nih mbak :(

    ReplyDelete
  40. Ane baru tau kalau ternyata orang jaman sekarang lebih pelupa dibanding orang jaman dulu, soalnya ane kira, semakin maju perkembangan zaman, orang-orang akan semakin pintar.

    Makasih info dan tipsnya nih.

    ReplyDelete
  41. Saya bukan pelupa cuma sering tidak ingat hehehe....

    ReplyDelete

Trimakasih sudah berkunjung
salam persahabatan