Friday, April 4, 2014

Tenggang rasa persahabatan

Salam temanku dari Berbagi kisahku

Setiap orang pasti punya yang namanya sahabat baik di dunia maya maupun di dunia nyata.Bagaimana sikap tenggang rasa menjaga persahabatan di dunia nyata khususnya yang selalu bertemu bukan cuma lewat tulisan dan juga komentar..


Sahabat adalah orang yang dekat dengan kita yang selalu memberi dukungan mengkritik dan juga selalu menemani dalam keadaan apapun kira-kira begitu yang saya tau.Namun bagaimana jika dia ada hanya dalam keadaan tertentu ini yang harus di waspadai .Ada beberapa yang saya ambil dari temen pasFm pati yaitu:

*Teman Yang Suka Menghina--
Orang ini bisa berbahaya untuk kesehatan Anda. Tipe teman ini sangat mudah melontarkan kata-kata yang bisa membuat Anda merasa jatuh dan terhina, atau kerap mengolok-olok ide Anda secara langsung maupun di depan orang lain. Dia sering mengabaikan batas-batas Anda dan mungkin mencoba untuk meyakinkan Anda bahwa kritiknya adalah benar dan baik untuk diri sendiri.

*Teman Yang Suka Meminta Belas Kasihan--
Bukan hanya meminta belas kasihan Anda dalam arti meminta bimbingan, dukungan, saran dan perhatian Anda secara berlebihan, ia juga kerap menguras waktu-waktu Anda untuk menemaninya di saat ia sedang merasa ‘down’. Alih-alih kembali bangkit untuk mengubah keadaan ia akan terus mengandalkan Anda untuk berada di sampingnya. Semua percakapan selalu berputar tentang dia. Bahkan, hampir-hampir Anda merasa seperti kehilangan waktu pribadi karena semua hal melulu tentang dia.Tapi setelah dia bisa bangkit lagi akhirnya dia melupakan anda.

*Teman Yang Suka Menyalahkan--
Orang ini suka mendengar suaranya sendiri. Dia terus-menerus mengeluh tentang apa yang tidak bekerja dalam hidupnya dan sebelum memulihkan energinya dari rasa kesalnya itu, ia juga akan membuang rasa frustasinya pada Anda.Ketika dia dalam masalah andalah orang yang selalu dicari karena cum anda yang bisa mengerti tapi giliran anda yang perlu maka diapun tak ambil pusing alias mnghindar.

Menurut anda masih bisakah hubungan pertemanan seperti ini di pertahankan????Kalau jaman sekarang bilang "kalau ada perlu cari aku giliran lagi happy di cuekin".Saya berusaha intropeksi diri apakah yang salah dari sebuah pertemanan untuk saling tenggang rasa jangan hanya bisa melampiaskan kesal pada saya giliran saya yang butuh bantuan tidak dianggap.
NB:buat teman dunia nyata saya.

salam

60 comments:

  1. itulah pentingnya tenggang rasa dalam persahabatan, sulit untuk dipertahankan memang ya mbk, jika dalam persahabatan tidak saling mengerti dan menghargai..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mas..sangat penting untuk salong mengerti

      Delete
    2. Setuju mba' Indah tenggang rasa memang harus diterrapkan dalam persahabatan.

      Delete
    3. dan kudu dilakuin sejak awal dimualinya persahabatan, jangan lupa pake hati juga loch.

      Delete
    4. Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini IBU PUSPITA seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar ibu hayati yg dari honkong tentan MBAH KABOIREN yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus,kini saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH KABOIREN dan jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KABOIREN di 085-260-482-111,saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui MBAH KABOIREN saya juga sudah bisa sesukses ini dan jangan mudah percaya kepada MBAH yg lain selain MBAH KABOIREN karna saya juga pernah mengalami yg namanya dibohongin sama para normal yg lain,ini bukan rekayasa dari saya melainkan ini kisah nyata dari seorang TKI....Untuk yg punya rum erimakasih atas tumpangannya. KLIK _ GHOB _ 2D 3D _ 4D _ 6D _ DISINI












      Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini IBU PUSPITA seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar ibu hayati yg dari honkong tentan MBAH KABOIREN yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 6D dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus,kini saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH KABOIREN dan jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KABOIREN di 085-260-482-111,saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui MBAH KABOIREN saya juga sudah bisa sesukses ini dan jangan mudah percaya kepada MBAH yg lain selain MBAH KABOIREN karna saya juga pernah mengalami yg namanya dibohongin sama para normal yg lain,ini bukan rekayasa dari saya melainkan ini kisah nyata dari seorang TKI....Untuk yg punya rum erimakasih atas tumpangannya. KLIK _ GHOB _ 2D 3D _ 4D _ 6D _ DISINI

      Delete
  2. Sudah menjadi kodrat manusia untuk menghina, mbak Indah. Namun kalau itu menjadi kesukaan dan kebiasaan, ini pertanda tidak bagus untuk dijadikan sahabat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya seperti itulah adanya tidak harus di teruskan

      Delete
  3. Kita tidak mungkin bisa menyenangkan orang lain sebagaimana kita juga tidak mungkin bisa berteman dengan mereka yang tidak sepaham atau se ide dengan diri kita. Teman yang sejati dan teman yang baik sangat sulit ditemukan atau dijumpai akhir akhir ini. Yang ada hanyalah kepentingan. Namun demikian jangan berkecil hati. Tetaplah berjuang dengan teman yang sepaham dan seide dengan kita. Dari sanalah kita bisa bekerja sama dan saling menghargai satu sama lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ngga punya kepentingan apapun bersahabat sama akang tuh....murni, asli dan bersih, pokoknya sebening embun pagi deh saya mah ke akang teh....ngga tau kenapa bisa gituh, saya juga ngga ngerti...suwer deh.

      Delete
  4. sahabat sejati itu tentunya sukar dicari.. sebaiknya kita mencuba untuk menjadi seorang sahabat yang baik juga.. seharusnya persahabatan haruslah saling melengkapi dan menasihati..

    ReplyDelete
  5. teman itu harusnya da di saat suka dan duka.. kalau satu unsur saja tidak di penuhi ya namanya bukan teman tapi pemanfaatan.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat stuju dengan mas irpan mbak

      Delete
  6. hmmm, cuma bisa nitip doa aja...moga persahabatannya kembali langgen...dan mudahan teman dunia nyatanya moga diberi kesadaran akan kesalahannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya hanya bisa meng aaamiiiin kan

      Delete
  7. kalau kayak gitu mendingan nggak usah mbak,lebih baik kita punya teman sedikit tp dapat menjadi teman dikala duka,itulah yg susah dijaman ini...kalau mencari teman suka sih gampang2aja,contohnya embak bagi2duit 10 ribuan pasti saat itu langsung banyak temennya

    ReplyDelete
  8. Sahabt yang benar biasanya akan selalu hadir di mana kita dalam keadaan terpuruk sekligus, Dan bila melihat kondisi seperti ini, memang agak sulit bila kita dapat menemukan orang yang tahan banting untuk tidak banyak mengeluh, palagi kalau mengeluhnya memiliki maksud tujuan tertetntu untuk diri sendiri. Dan itu sudah banyak terjadi di tengah-tengah masyarakat kita. Kalau sudah begini, ya,,,, lebih baik yang waras ngalah saja Mba :D

    Salam

    ReplyDelete
  9. Perlu dilihat sebabnya. Kdg sorg yg dimintai tolong tdk bs menolong, bukan krn gak mau tp memang posisi dia tdk memungkinkan utk menolong.

    Tp kl mmg dasarnya dia gak suka menolong, mk menurut saya dia bukan sahabat. Dia hanya sekedar org yg kenal kita dan kita kenal dia.

    Solusinya selagi kita masih bisa, ya kita lkukn sendiri.

    ReplyDelete
  10. Poin no 1 saya sering mengalaminya mbak. Ada beberapa teman saya yang seperti itu mbak.. Tapi yoweslah "AKU RAPOPO" hehehehehe

    ReplyDelete
  11. kalau macemnya seperti itu sih lebih baik dilupakan saja mbak. daripada makan hati :)

    ReplyDelete
  12. sahabat yang sejati itu bisa ada di kala senang atau duka, biasanya ada sahabat yang tidak ada pas kita lagi sedang apes :D

    ReplyDelete
  13. mudah mudahan yang terjadi itu bukan diantara kita para blogger, yang kadang suka becanda...yakin bukan niat menyakiti pastinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. khususnya saya, yang seringkali becanda dan ngga nyambung kalau berkomentar atau menjawab komentar...abisnya mo gimana lagi coba?...udah bawaan lahir seh...:-)

      Delete
  14. saya pribadi selalu mencoba mengerti dan memehami sisi baik dan sisik buruk dari sahabat2 saya,,, saya tahu bahwa tidak semua orang, tidak setiap orang yang saya temui berlaku seperti apa yang saya inginkan, saya mencoba menyesuaikan diri dengan mereka meskipun mereka berlaku buruk pada saya... saya lakukan semua ini demi sebuah persahabatan, :)

    ReplyDelete
  15. saya tidak terlalu suka sama orang yang suka menghina dan menyalahkan orang lain,,,namun untuk orang yg suka meminta belas kasihan itu tak apa2...karena bukankah sebagai manusia kita harus saling tolong menolong kepada sesama.....keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  16. Paling sakit kalo berteman dengan teman yang selalu ... tidak pernah mengerti perasaan kita

    ReplyDelete
  17. Jangankan teman sahabat saja kadang suka menyalahkan. Tapi kita juga harus Respect, siapa tau memang kita yang salah :)

    ReplyDelete
  18. tenggang rasa memang sangat diperlukan dalam persahabatan karena jika tidak persahabatan tidak akan bertahan lama, tapi jika sudah keterlaluan dan mengganggu sebaiknya dihindari :)

    ReplyDelete
  19. Sikap tenggang rasa harus kita miliki yah Mbak Indah
    Agar dalam kita Bermasyarakat bisa saling terhubung jalinan yang
    Saling membantu, agar kelangsungan hidup bisa berkesinambungan :)

    ReplyDelete
  20. iya sebaiknya kita perlu memupuk sikap tenggang rasa ya mbak apabila menjalin persahabatan dengan orang lain :)

    ReplyDelete
  21. persahabatan itu lebih idah dari segala nya makan kehilagan sahabat sama aj makan sayur tanpa garam moga lekas baikan bak sama sahabat nya

    ReplyDelete
  22. tenggang rasa dan yang paling penting pengertian sangat diperlukan dalam persahabatan, karna jika itu tdk ada maka persahabatan tdk akan bisa langgeng, salam kenal ya mbak, bila ada waktu saya tunggu kunjungan baliknya karna saya punya bnyk koleksi cd interaktif dan vcd pembelajaran untuk anak2, barangkali mbak punya adik, keponakan atau mungkin anak yang masih kecil, ini sangat cocok sekali untuk mendidik dan membangun karakter anak sejak dini, trm kasih mbak ^_^

    ReplyDelete
  23. Ko sahabat maya dan nyataku
    Selalu datang minta ketemu
    Ketika semua tulidanku pilu
    Tapi kalo bahagia menemaniku
    Dia cuek padaku

    Dan untuk teman yang suka menghinaku
    Kudamprat sampai dia tahu
    Aku lebih pinter dan baik hati selalu

    Hihi

    ReplyDelete
  24. Kalo yg namanya teman mestinya punya tenggang rasa, tdk hanya kalo buth doang, klo yg model diatas buang aja :)

    ReplyDelete
  25. Teramat mahal sekarang tenggang rasa Sist, semuanya kudu pake pity...

    ReplyDelete
  26. buat keluarga blogger juga gak :D

    ReplyDelete
  27. ini curhat,nyidir sapa ya

    ReplyDelete
  28. betul mbak, harus saling solid antar sahabat itu.
    Jadilah teman yang terbaik agar kita banyak mencintai hehe

    ReplyDelete
  29. sulit sekarang mbak nyari sahabat yang baik :D

    ReplyDelete
  30. Kayaknya saya tipe teman yang suka menghina deh, tapi menghina maksudnya cuman bercanda doang hehe :D

    ReplyDelete
  31. temen dari PAS FM Pati ? Sapa tuh ? barangkali saya kenal .. :D
    Sy pernah lama di GKL Magelang mbak ... masih 1 group sm PAS FM ..

    ReplyDelete
  32. Yang penting kita sudah memenuhi kewajiban kita pada orang lain untuk berbuat baik. masalah dia tidak baik sama kita iya itu urusannya sendiri. Gk perlu dipikirkan. selama kita baik sama orang, orang tetap baik sama kita..

    ReplyDelete
  33. Berbuat baiklah pada sahabat...saya berusaha sebaik mungkin

    ReplyDelete
  34. kadang walaupun kita baik mungkin bisa dibalas dengan hal negatif,, harus pinter milih sahabat dan temen

    ReplyDelete
  35. padahal orang yang saya anggap sahabat, tidak ragu-ragu menghina saya, meminta belas kasihan dan terkadang menyalahkan saya juga.. hihihi. tapi saya menerima itu semua karena sahabat saya pernah melalui masa-masa sulit bersama saya :)

    ReplyDelete
  36. tenggang rasa dan tepa selira sangat penting dalam persahabatan ya mbak :d

    ada pepatah mengatakan, satu sahabat sejati akan lebih berharga daripada seribu sahabat yang hanya mementingkan diri sendiri :)

    makasih pencerahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kata +indri.... cibu buat mbak,,, hheee

      Delete
  37. Persahabatan memang ada lika-likunya. ada kalanya menjengkelkan dan ada kalanya menyenangkan. perlu hati dan kepala dingin biar permasalahan tidak semakin ruyam.

    ReplyDelete
  38. tenggang rasa dan saling menghormati memang harus diterapkan agar hubungan sosial bisa berjalan dengan baik ;)

    ReplyDelete
  39. hadir,,,,,untuk semua salam kenal semua, kita hanya berharap agar kita bisa saling menghargai, walau kita sekedar berteman di dunia maya.......

    ReplyDelete
  40. berteman dengan yg baik nanti kita akan dibawa ke arah kebaikan juga

    ReplyDelete
  41. pada era sekarang ini sudah sangat jarang mbak kita temui sahabat yang sejati, apa lagi sosok sahabat yang bisa berbagi dalam keadaan senang ataupun susah

    ReplyDelete
  42. Thn 2014 memang banyak yang modus dalam pertemanan, apa lagi 10thn nanti haduuhhhhh cari teman aja susah apa lagi cari istri

    ReplyDelete
  43. Saya paling sering lihat teman yg menyalahkan temannya sendiri, untungnya saya ga termasuk semua point diatas hehehe :D

    ReplyDelete
  44. saya sepertinya sudah pernah merasakan teman teman seperti yang di atas, untuk bukan sahabat, hahahah

    ReplyDelete
  45. mencari sahabat sejati itu memang sulit,zaman sekarang banyak teman datang di kala ada butuhnya aja,,

    ReplyDelete
  46. Hi...nice to meet you, I got a nice video link that you can watch with your family. https://www.youtube.com/watch?v=JEWIVjRgWl8&list=UUAXWsrlIocVZLys7J64139A

    ReplyDelete
  47. Www.masterpelet.com
    Melayanan jasa pelet , pasang susuk , Mengembalikan kekasih , pacar , keharmonisan rumah tangga , pasangan yang pergi ataupun hubungan yang tak direstui

    melayani Jasa seperti :
    Ajian pelet lawan jenis
    Pelet gay & lesbian
    Minyak asmara
    Seribu pengasih
    Gendam pengasih
    pelet seribu pengasih
    susuk cair
    Jasa keharmonisan rumah tangga
    Jasa ritual cinta

    berpengalaman lebih dari 10th praktek dan siap membantu masalah kehidupan anda, kami bantu 100% berhasil

    Konsul.Email masterpeletku@yahoo.co.id
    Telepon 0812.1622.9007
    Line : masterpeletku
    Pin 2777B54B
    pesan message facebook bisa
    Bisa jarak jauh & dekat

    Catatan :
    1.Anda menghubungi saya anggap anda memesan produk kami
    2.Jasa terawangan Tidak Gratis
    3.Tidak menerima Hutang & Mengemis
    4.Produk hanya di website bila tidak ada jangan dipaksa untuk ada
    5.jasa sesuai Anjuran tidak terima testi gratis
    6.TIdak ada tambahan biaya di layanan kami
    (Bertanda anda tidak serius & hanya mencoba jasa produk kami)

    ReplyDelete

Trimakasih sudah berkunjung
salam persahabatan