Wednesday, January 8, 2014

Makan nasi lemak

Salam temanku
Ayo makan nasi lemak........ Nasi lemak menjadi salah satu makanan yang menjadi menu utama dalam kehidupan saya Nasi lemakpun mudah didapat dan juga terjangkau harganya Bagi yang suka memasak nasi lemak ini mudah dan juga simple Mungkin secara adat dan kesukaan cara masak dan penyajiannyapun berbeda ya kalau yang ini adalah cara saya biasa masak yaitu:
1>Ambil beras secukup takaran atau paling nggak 1 kg
2>cuci beras kemudian kasih air seperti biasa anda masak
3>Tambahkan 1 batang serai yang di keprek,Daun pandan 4lembar,Jahe sedikit saja,santan -+250 ml,tambah sedikit minyak goreng(kira-kira 1sdm),garam secukup rasa
4>Aduk hingga rata dan beras siap di masak dalam rice cooker

Tambahan untuk nasi lemak ini adalah

Timun,sambal,ayam goreng/ikan goreng,kacang tanah dengan ikan teri yang digoreng lalu di campur
Apabila anda mau selera yang lain juga bisa ditambah fishkek,sosis,telur dadar dll

#Selamat makan dan selamat mencoba 

130 comments:

  1. wew.. ko ikan semua sih mba hihihihi.. makanannya cocok kalo suasana di sawah :D

    ReplyDelete
  2. nasi lemak ini makanan khas Malaysia ya mbak :D kalo dikampung saya disebut nasi gurih atau sego gurih, hehehe :)
    paling cocok dimakan sama ayam goreng panas, hmmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di saya namanya nasi uduk...ini makanan khas orang melayu

      Delete
    2. seperti di filmnya upin-ipin ya... nasi lemak..

      Delete
    3. kirain nasi lemak nasi ndut hehe

      Delete
  3. Waahh cara masak nasi lemak ala jenk indah simple banget..
    Aku mau ikuti cara ini ahh..
    Dan yg berbedanya lagi garamnya di goreng dengan minyak trrus pakai jahe lagii..
    Pasti lebih manteb

    ReplyDelete
    Replies
    1. abis di goreng tumpahin nasinya di minyak gorengnya ... jadi dweh nasi penuh dg lemak ....nehehe :D

      Delete
    2. semakin mantab ya mbak

      mas fiu bisa saja

      Delete
    3. kalau sudah mateng mau dong di bagi,..

      Delete
  4. semacam nasi uduk yah jenk ?

    ReplyDelete
  5. Makan siang dengan nasi lemak disini, mbak. Laper sehabis pulang kerja...hehehe..

    ReplyDelete
  6. jadi inget waktu kerja di Pekanbaru...kalau abis makan di restoran...orang sana pasti bilang :"Lemak nian....."

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. artinya apa tuh, mang?

      Delete
    2. Artinya ENAK SEKALI heheeh.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. upin dan ipin ge'...kalau dikasih goreng ayam sama si ikhsan...pasti bilangnya..."hmmmm lemaaaak nyo"....betul...betul...betul....;o)

      Delete
    5. gkgkgk...nggak pernah lihat upin ipin

      Delete
  7. ini seperti sego uduk ya mbak jeng? lawohe jangan kare jos tenan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ditempat saya nasi uduk sama opor ayam

      Delete
    2. uduk sama opor sama jangan lodeh juga boleh kok mbak

      Delete
  8. wah sepertinya cocok banget ini mbak untuk di santap pada siang hari :) pas saya lapar pas ada masakan nasi lemak hehee ;D
    kalau di tambah sambal sepertinya makin maknyus mbak :)

    ReplyDelete
  9. nasi emak saya juga mantab hehehe tapi ini patut di coba hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyij ya mas..punya favorit masakan emak

      Delete
  10. maknyus tenan... boleh donk dikirim nasi lemaknya satu bungkus..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanggung kalau satu tok mas

      Delete
    2. 2 kalau gitu mbak.. saya juga mau hehehe

      Delete
    3. kang Ks, bisa minta dibikinin yayangnya dong....

      Mas Nandy...kalau mau, jangan jomblotragis terus dong...

      Delete
  11. mau dong mas, hahah sepertinya mas Choppie jago ni buat nasi lemak :)

    ReplyDelete
  12. Kebetulan pulang kerja saya lapar berat satu piring deh
    Nasilemaknya kasih sama lauk pauknya Makasih Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa bayarnya ya mas

      Delete
    2. jangan lupa bayar di kasir ya..? hahaha

      Delete
    3. Wah saya duitnya gak Bawa Mbak Indah
      Boleh ngutang gak nih..? hh Mas Nady
      Pinjem duitnya dong buat bayarin Mbak Indah tt3tt3 :D

      Delete
  13. nasi lemak enaaak bangett tu
    saya sering makan tu
    :D

    ReplyDelete
  14. di tempat saya belum ada mbk? atau apa ini yang di namakan nasi uduk di tempat saya ya? tapi kelihatannya enak banget, boleh gk ya nyicipin satu piring?? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya biasa ditempat saya juga panggil nasi uduk
      boleh mas asal jangan sama piringnya saja

      Delete
  15. disini sebungkus nasi lemak RM 1.20

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini laporan dari Malaysia harga nasi lemak RM 1.20
      harga roti caney sama teh tarik berapa ya mas Reo, hehehe :D

      Delete
    2. Bungkus 2 mas Reo.. :D

      Delete
    3. mas reo... masih murah ya...disini $2.50

      mbak indri nanti lihat ya
      mas hari jangan lupa bayar

      Delete
  16. LIhat cara buatnya, kelihatannya simpel, bisa jadi alternatif nih, mantan istri harus tahu nih ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantan istri..??? mantan istri apa mantan pacar nih mas...? hahahaha

      Delete
    2. iya mas is kok mantan istri?????

      itu mas nady bingung

      Delete
  17. Enak banget nih kayanya.. :D

    ReplyDelete
  18. Wah enak mbak kalau nasi lemak itu sama dengan nasi uduk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas..cuma setiap daerah bea lauknya

      Delete
  19. kunjungan malam mbak, wah malam2 lagi laper2nya disuguhi makanan, mantaab deh mbak, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe kalau jangan banyak2 ntar sakit perut

      Delete
  20. wah.. nasinya dikit asesorisnya banyakk banget mbak.. nasi lemak banget nih..hehehe oya kalau bahasa daerah jambi, lemak itu artinya enak loh mbak... lemak nian hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi bener juga mas Nady dari gambarnya aja udah keliatan enak kok :)

      Delete
    2. o lemak itu enak ya mas...pantes nasi lemak berarti nasi enak

      mas anthonie bukan kelihatannya tapi emang enak kok

      Delete
    3. kalau orang padang suruh makan nasi lemak ini habis makan pasti bilang "Tambo Cie'" hehehhe

      Delete
  21. jadi nasi lemak ini sama dengan nasi uduk yah mbak Indah, kalau nasi uduk mah makanan kesukaan saya donk hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyik dong mas kalau begitu ntar buat ya mas

      Delete
  22. Mantap Gan Artikelnya Bermanfaat ^_^
    Salam kenal Juga Dari Lirik-gila.blogspot.com

    Blogwalking dari Gila Lirik Lagu

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentuknya mirip nasi uduk ya Mbak Jenx :)

      Delete
    2. pokoknya masih saudara la mas

      Delete
  24. kalo dimasak dengan tungku kayu,..hmmmm makin lezat

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pakai tungku kayu namanya berubah mbak

      Delete
  25. enak, enak, enakkkkk!!!!!!!

    ReplyDelete
  26. klo dikampungku nasi lemak itu warnanya kuning mbak ;) hehe, tapi yaaa mungkin rasanya sama saja karena sama sama pake santan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin beda warna dan nama saja mbak

      Delete
  27. Nasi Lemak . jadi klo makan nasi lemak berat badan kita bisa naek ya mbak :v
    patut untuk di coba ni :D

    ReplyDelete
  28. waduh! nasi lemak! apa sama dengan nasi uduk ya...? saya paling suka nasi ini, terlebih setelah belakangan ini. Kalau sempat tiap malam saya suka membelinya.

    Makasih ya.. untuk cara membuatnya. Sangat manfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip mbak bisa praktekin buat keluarga

      Delete
  29. Hah... Nasi lemak mba, tr yang gendut jadi kayak apa tuh dah banyak lemaknya makan yang berlemak tambah kayak apa tr hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya saja kok mas tapi nggak jadi lemak kok

      Delete
  30. wah kayaknya gurih-gurih enyoy nie....
    jadi pengen ngerasain enaknya nasi lemak, ngutang boleh gak mbak 7 bungkus aja hehehehe......

    ReplyDelete
  31. Nasi lemak itu sama aja kaya nasi uduk ya..?? bingung
    oh ya blognya sudah saya follow, di tunggu follow backnya

    ReplyDelete
  32. Dilihat dari fotonya bikin ngiler.. :)

    ReplyDelete
  33. ini mah makanan pokok kalo pas ngeluyur ke malaysia
    murah meriah tur njeprah...
    hehehe

    ReplyDelete
  34. kalau di kasih sayur dan kuah, kira-kira rasanya gimana mbak? pasti bukan nasi lemak nama nya ya hehehe :D
    padahal sayur itu baik lho untuk kesehatan hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya memang seperti ini mbak

      Delete
  35. nanti akan saya coba praktekkan resepnya mbak :D

    ReplyDelete
  36. saya juga menggemari nasi lemak.. di malaysia nasi lemak wajib dijual untuk breakfast.. jika mengikut tradisi masyarakat melayu malaysia, nasi lemak dibungkus dengan daun pisang.. namun pada zaman moden ini tiada lagi daun pisang dan hanya dibungkus dengan kertas sahaja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya jadi beda ya mizz bungkus daun pisang sama kertas

      Delete
    2. bagi saya bungkus dengan daun pisang rasanya lebih asli dan enak.. paling elok dibungkus ketika nasi lemak masih panas.. cubalah bungkus dengan daun pisang pasti merasai perbezaannya..

      Delete
  37. datang berkunjung lagsung di suguhi nasi lemak yang special, yummyyy... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terasa lapar melihat foto nasi lemak itu..

      Delete
  38. caranya mbk indah boleh dicobakan mbak

    ReplyDelete
  39. Rasanya pasti seperti Nasi Uduk tanpa kunyit ya Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasi Lemak artinya Nasi Enak hehehe

      Delete
  40. Selamat pagi dan selamat beraktifitas mbak Indah
    kembali hadir lagi disini ya mau minta sarapan nasi lemaknya nie :D

    ReplyDelete
  41. nasi lemak ini kalau disantap bareng-bareng keluarga, pasti sangat menarik ya mbak. Ditambah lagi dengan minum nya es degan. Pasti seru hehehe :D
    Itu kalau misalnya di tambah lalapan, gimana mbak? pakai sambal terasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocoknya pakai sambal kacang mbak ririn hehe

      Delete
  42. mau nyobain tapi ga ada yang masakin nihh hehee

    ReplyDelete
  43. Dengan ikan teri rasanya mantap dan gurih.

    ReplyDelete
  44. wah ketinggalan berita nih,BTW mbak Jenx pintar masak juga yah,,,,pasti maknyuz masakanya,apalagi Nasi lemak ini,

    ReplyDelete
  45. liat gambarnya aja,mbayangin pasti sedap rasanya

    ReplyDelete
  46. Hadir kembali di artikel Nasi Lemak saya Mbak Jenx Indah
    Kebetulan saya Lapar Lagi nih satu bungkus di Pincuk Mbak?

    ReplyDelete
  47. jadi laper saya mbak, liat makanan enak..ahayyy

    ReplyDelete
  48. Kalo makan nasi lemak , kita bisa lemak juga ya hehehe.... :D

    ReplyDelete
  49. Nasi lemak artinya nasi enak, wah dari kata-katanya aja sudah menandakan kalau nasi ini enak, jadi pengen nyoba bikin haha...

    ReplyDelete
  50. baca postingan ini, bawaannya jadi lapar hehe :D

    ReplyDelete
  51. kalo beli berapa ya harganya

    ReplyDelete
  52. jadi ingat ketika saya tinggal dimalaysia bbrp tahun kemaren, mba stay di malaysia juga kah??
    salam kenal yaa anyway,...
    (kunjungi balik yah, www.adhelina.com) , gak bisa komen pake open id :(

    ReplyDelete

Trimakasih sudah berkunjung
salam persahabatan