Saturday, January 18, 2014

Hukum pinjam meminjam

Salam temanku
Hukum pinjam meminjam adalah cerita nyata yang saya alami.mungkin terkesan aneh tapi begitulah yang terjadi..hakikatnya setiap perbuatan pasti ada balasannya
Sebut saja namanya bejo
yang selalu bercerita kalau dirinya ini termasuk orang yang..WAH..gitu deh
Dia bilang uang banyak di bank sampai nggak bisa dilipat(besi kali) nama dia ada disemua bank ternama... mau nggak mau saya harus jadi pendengar disaat dia bercerita pastinya dalam hati pengen nglempar kursi..hehe

singkat cerita si bejo ini pinjam uang sama saya..
kalau di lihat dari gaya dia bercerita yang katanya banyak uang terus kad buat ambil uangpun tidak cuma 10 percaya nggak sih????????

 Beberapa kali dia pinjam dari saya dengan alasan yang berliku-liku..tapi tanpa disadari semua ada hukumnya

Memang sih jumlahnya kalau buat bejo itu sedikit tapi buat saya pasti ada manfaatnya.. Dari hitungan hari sampai kebulan tidak ada kata pengembalian..
saya sih iklaskan saja daripada bikin hati saya nyesek

Mungkin saya sudah melupakan kejadian bejo yang tidak mau membayar
tapi kehendak Tuhan berbicara lain
setiap kalinya bejo pinjam dan tidak membayar diapun selalu dapat balasan
selalunya dia kena tilang polisi

coba bayangkan misalnya bejo pinjam 10ribu rupiah terus kena tilang 100ribu rupiah... Buat bejo sih mungkin lebih baik kasih ke polisi ya daripada bayar kesaya

sayapun baru menyadari kalau itu selalu terjadi setiap kalinya dia sok bergaya jadi konglomerat
Doanya sih semoga terbuka pintu hatinya agar tidak sewenang-wenang terhadap yang lemah

107 comments:

  1. pertamaxxx??? Amankan dulu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, itu hukuman tidak membayar hutang, mbak Indah. Mudah-mudahan tidak terulang lagi pada diri mbak..

      Delete
    2. saya sendiri baru menyadari mungkin begitu cara Tuhan mengganti tapi dia tidak sadar

      Delete
    3. Semoga engalaman ini membuat kita
      Lebih baik lagi yah Mbak. biarkan dan
      Ikhlaskan saja karena Yakin Allah Maha tahu

      Delete
    4. selalunya mas tapi kok ya nggak pada nyadar diri lho

      Delete
    5. saya pinjam blognya ya buat seo offpage hehehe.

      Delete
    6. Jada saya pinjama apa donk

      Delete
    7. mas baskoro bahaya dong
      mas asep nggak usah minjem

      Delete
  2. selamat malam Mba... saya juga sering alami sendiri Mba, kadang ada orang yang pinjam tapi mungkin karena saking lamanya sehingga lupa kalau dia ada hutangnyna, tapi saya ikhlaskan saja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas....tapi kalau orangnya bisa sadar bahwa kerugiannya lebih banyak...10x lipat

      Delete
  3. Kalau saya sih udah sering di gituin, yang miris tuh ma teman sendiri, mau nagih kadang gk enak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahkan kalau nekat terjadi pertengkaran ya sob

      Delete
  4. saya juga pernah mendapat kan pengalaman seperti jenk indah memang orang seperti ini lebih baik tidak usah dikasih pinjaman bikin makan hati saja .minjamnya sampe merengek kayak anak kecil giliran diagih alasannya selalu banyak inilah itu lah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar kalau mau pinjam saja kayak ayam yang nggak makan setahun...

      Delete
  5. Saya pernah mengalami hal seperti Mbak Indah
    Tapi Allah Maha besar, Rizky saya tidak berkurang
    Kapan waktu dia hutang kalau saya ada dan bisa tuk
    Membantu sesama Teman. saya Ikhlas saja Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya kalau pertolongan lebih baik minta daripada pinjam karena pasti kita akan berharap kapan mengembalikannya mas..menurut saya pribadi mas

      Delete
  6. Kayaknya uangnya di bank itu cuman kedok mbk...
    mungkin dia hanya bisa bermimpi

    kalau penilaian saya sih mbk
    lebih baik kita jujur tentang diri kita siapa kita, bagaimana keuangan kita, bagaimana susahnya hidup kita, dari pada membohongi diri sendiri, membohongi orang lain tentang itulah, ini lah
    toh bokan mau kita untuk susah
    tapi karena kita butuh berjuang saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas ronny kalau kenyataanya O besar lebih menyengsarakan ya

      Delete
  7. aamiin .... doa yg tepat ..... sy kasih jempol 10 buat jenk indah :)
    setiap pebuatan baik atau buruk pasti akan ada balasannya...

    ktny punya uang bnyk kok malah minjem ,,,hehehe

    ReplyDelete
  8. semoga mas bejo'a sukses selalu ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sukses dapat surat dari bpk polisi terus ya mas

      Delete
  9. Kayaknya masih banyak orang yang karakternya seperti si Bejo, hobi ngutang tapi pobia bayar .. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bayar itu susahnya luar biasa pura2 lupa ya mas

      Delete
    2. Padahal cuma ngasihkan duit saja, apa susahnya coba ..?

      Delete
  10. Banyak sekarang orang yg mengalami dan berprilaku seperti ini ya mba ? he,, he,, he,,,

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas tapi belum dikasih kesadaran

      Delete
  11. haduuuuuuccchhh
    kasian banget si bejo mb..... heheh

    ReplyDelete
  12. memang banyak orang yang sperti bejo, mengaku banyak uang, tapi selalu meminjam, dan tak mau melunasi pula pinjamannya....maka waspadalah waspadalah .salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang belajar waspada dan mawasdiri saja
      salam kembali ya mas

      Delete
  13. kunjungan perdana nih,
    jangan lupa sempetin mampir di http://comtelweb.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih sudah berkunjung ya sob

      Delete
  14. Hukum sebab akibat kayaknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepatnya kayak gitu mas ada sebab ada akibat

      Delete
  15. kenapa namanya Bejo? sensitif banget sama namanya saya ohohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti nama mas intan terkenal dan familiar dong

      Delete
  16. saya juga pernah bertemu dengan manusia begitu.. sudah pinjam wang, susah mahu bayar.. akhirnya halalkan saja.. sehingga kini dia masih hidup miskin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akibat dari perbuatannya sendiri pasti mizz

      Delete
    2. buat jahat pastinya dibalas jahat..

      Delete
  17. uang yang tidak dibayar oleh bejo itu semoga diganti oleh Allah dengan rizki yg lebih baik dan berkah ya mbak...aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya robal alamin mas WS dan lagi dia lebih banyak kehilangan kok

      Delete
  18. saya nggak akan mengomentari artikel di atas tapi ingin mengomentari iklan yang di pasang di samping itu...nama produknya kok "mengerikan"...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kepanjangan dari "THAILAND"
      produk negara tetangga

      Delete
  19. nasib bejo yg sok konglomerat..
    mungkin dia Akan menyadari dan membayarnya jenk..
    setelah mengalami beberapa musibah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya sih nggak bisa sadar mbak

      Delete
  20. Itumah seperti teman saya mbak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata banyak yang kayak gitu ya

      Delete
  21. sifatnya ngga seindah namanya "bejo"

    ReplyDelete
  22. wah harus ekstra hati-hati ya mbak kalau mau pinjam uang kepada orang lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak eka...jaman sekarang lho

      Delete
  23. Untung saja saya baca artikel diatas jadi saya lebih hati2 dalam soal meminjam sesuatu baik itu berupa barang

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dijadikan pengalaman ya sob

      Delete
  24. Pengalaman pribadi ya mbak? saya juga pernah mengalaminya ko mbak...emang susah sie kalo dah menyangkut masalah pinjam meminjam terlebih lagi yang meminjam itu teman sendiri.

    Dalam agama Islam pinjam meminjam itu diperbolehkan bahkan sudah diatur baik itu rukun, syarat serta hukumnya. Pada dasarnya pinjam meminjam merupakan salah satu bentuk tolong menolong dari sesorang kepada orang lain, sebagaimana firman Allah yang berbunyi "Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kamu kepada Allah, Sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya. (QS. al-Maidah : 2)
    semoga kita bisa mengambil hikmah dan pembelajaran dari postingan di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih mas tapi kalau cuma pinjam saja tanpa kembali kan ya dilarang

      Delete
  25. Sebaiknya ditagih Mbak, kalau ga ditagih salah lo. Siapa tahu dia lupa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lupa menurut sayasih nggak mas mungkin saja dia sengaja nggak mau ngingat

      Delete
  26. ane nyimak saja mbak indah...

    ReplyDelete
  27. Hukum karma itu mbak. Mbak indah biarin saja. Lama lama dia akan sadar kalau setiap pinjam uang dari mbak indah, maka dia akan kehilangan uang 10x lipat. Jadi kalau dai menyadarinya, maka dia nggak akan minjem ke mbak indah lagi. Hehehehe..

    Mbok saya juga di pinjemi to mbak. Xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya nggak bakal nyadar deh mas orangnya
      la nanti mas nady ikutan lupa kan bahaya

      Delete
  28. Lebih baik di tagih sekarang mba. dari pada nanti beliau penasaran di alam sana. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarin penasaran mas...hehehe jahat ya saya

      Delete
  29. kalau dirasa ini penipuan dan yang meminjam emang niat menipu jelas kok hukummnya. Hukumnya jauhi saja mbak jangan di kasih hati lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau orangnya punya niat lagi langsung tak cemes mas..hahaha

      Delete
    2. kalau bisa sih quick smash biar nggeduk smahs e ...henak tenan

      Delete
  30. saya malah lebih suka uang saya di pinjam mbak, daripada saya pinjam uang sama orang lain, soalnya nanti pasti kepikiran hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang pinjam benar membutuhkan sih mbak itu bisa jadi penolong...tapi ini seakan tersepelekan sebab bayaran dia itu 10x lipat dari saya

      Delete
  31. Ya ikhlasin aja.. biar Tuhan yang menegur/menyadarkannya untuk membayar utang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin juga harus seperti itu bang

      Delete
  32. Menurut saya hukum itu harus selalu di tegak kan
    Biar adil lah

    ReplyDelete
  33. benar mbak segala sesuatunya ada timbal baliknya, jalankan nanti sekarang saja udah kelihatan kalau seal perbuatan ada balesannya
    tagih aja mba soalnya ada hukumnya juga buat org yang dihutanginya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditagihpun sia2 kok dianya udah melupakan

      Delete
  34. saya juga sering minjem saya temen mbak..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal jangan lupa mengembalikan masih wajar kok

      Delete
  35. hukum karma kali yah mbak, nggak mau ngembaliin malah keluar uang banyak hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kali mas kok ya kebetulannya seperti itu

      Delete
  36. pertama mungkin masih, kedua ngapain dilayanin
    keterlaluan namanya, jelas MODUS itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalahnya sekarang belum bisa dihindari

      Delete
  37. wah itumah keterlaluan heheh. mksh mbk infonya

    ReplyDelete
  38. Curahan hati nih, h-hee...

    Tp setuju sm yg dibilang mas wongcrewchild, udh penyakit kl gitu mah. Mestinya kl minjem lagi sementara yg kemaren belom dibalikin mestinya malu ya, tp kok ini ndak?

    Org jawa bilang, "ora duwe udel".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sepakat

      Tapi lazimnya sih setiap kali meminjam uang pada seseorang, seharusnya si peminjam memberikan Dateline kapan dibayar. Jadi sudah ada kesepakatan bersama biar enak sama enak Lazimnya sih

      Delete
    2. mas pri mijemnya berkala..kalau agakl lama dan kayaknya udah lupa
      mas asep sekarang sih harus tegas .benar harus ada kesepakatan

      Delete
  39. selepas ini perlu lebih berhati-hati jika hendak pinjamkan wang kepada orang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang harus extra hati-hati mizz

      Delete
  40. Wah .. terima kasih Jenx Indah .. sudah mengingatkan saya dengan artikel ini. Sangat bermanfaat ..

    ReplyDelete
  41. kalau pinjam meminjam memang harus hati-hati. Modal utama adalah saling percaya satu sama lain :)

    ReplyDelete
  42. Pelajaran berharga buat pribadi sendiri bahwa sombong sikap yang dibenci ALLAH karena itu ia langsung menerima ganjarannya.

    ReplyDelete
  43. mampir lagi mbak indah...

    ReplyDelete
  44. Kita hrus lebih wspada ya mbk..

    ReplyDelete
  45. biarlah menjadi pengalaman yah mbak untuk kita lebih berhati-hati untuk meminjamkan uang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas pengalaman yang tidak terlupakan

      Delete
  46. Saya nggak bakalan lupa kok mbak indah. Paling cuma rakelingan saja hahahaha

    ReplyDelete
  47. begitulah orang yang tidak menerima kenyataan yang sebnarnya yaa mbak, seharusnya si bejo tu bersyukur mempunyai teman sperti mbak Jenk Indah ini yang mau menerima kekurangannya
    hehehehe

    ReplyDelete
  48. wah bahaya juga ni.. itu kalo minjem uang ama mb indah aja atau buat semua mb... hhe

    ReplyDelete

Trimakasih sudah berkunjung
salam persahabatan