Thursday, December 19, 2013

Soto kemiri khas pati

Salam temanku
Soto kemiri khas pati adalah makhanan khas pati selain nasi gandul khas pati
Kenapa namanya soto kemiri????
Konon dahulu kala masyarakat pati tidak mampu membeli ayam jadi sebagai ganti mereka membuat soto menggunakan kemiri sebagai pengganti daging/ayam
Meski sekarang masyarakat pati sudah mampu membeli ayam namun "kemiri"masih diabadikan dan digunakan sebagai nama dari soto ini Bila ingin mencoba membuat sendiri ini adalah caranya
 Bahan-bahan

  • 1ekor ayam kampung
  • 1500ml air
  • 2lembar daun salam
  • 100 gram tauge
  • Daun seledri dan bawang goreng
Bumbu yang dihaluskan

  • 3 butir kemiri
  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 2 cm kunyit
  • 1 cm kencur
  • Garam secukup rasa
  • penyedap rasa bila diperlukan
Cara membuat
  1. Rebuas ayam bersama daun salam hingga masak bila sudah masak angkat ayamnya
  2. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan kedalam kaldu ayam kemudian aduk-aduk hingga bumbu meresap
Cara menghidangkan:
Letakkan nasi kedalam mangkuk tambahkan tauge,ayam kemudian tuangkan kuah soto tadi lalu taburi daun seledri dan bawang goreng dan siap di nikmati

NB:Bagi yang inginkan lain daripada nasi ini bis a diganti dengan bihun,mie kuning,ataupun lontong....

#selamat menikmati soto kemiri pati
sumber:wikepedia pati

131 comments:

  1. saya asli kemiri jwa tengah lho hehehe tak kirain nama daerah saya ternyata kemiri yang di maksud bumbu dapur hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di pati ada yang namanya desa kemiri memang mas selain nama bumbu dapur

      Delete
    2. semarang yah.. saya daerah batang-pekalongan .. tapi belum coba masakan soto kemiri :D

      Delete
    3. Saya orang Sunda boleh gak Mbak Indah nyobain
      Soto kemiri ini. kalau boleh bungkus deh buat tar pagi

      Delete
    4. kemiri purworejo pastinya ya bang :D

      Delete
  2. rasanya seperti apa ya mbak? saya belum pernah nyoba soto yang satu ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicobain saja mas enak lho

      Delete
    2. iya dicoba saja Bli Ks nanti giliran saya yang nyoba

      Delete
  3. malah bingung ga bisa ngebayangin rasane kaya apa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kakau bingung duduk saja mas

      Delete
    2. jangan dibayangin, om. langsung dicoba aja

      Delete
    3. terus kapan makannya kalau bingung ?

      Delete
  4. wah... soto kemiri itu pasti rasanya enak ya mbak :) saya jadi pingin makan soto, hehehe :D
    btw mbak indah apa rumahnya pati, kok sukanya cerita makanan khas pati, hehehe :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang saya asli pati mbak...dapat inbox juga dari dinas pati untuk membawa nama pati dalam setiap aplicasi

      Delete
    2. wah, keren tuh mbak dapat misi mulia membawa nama baik pati :)

      Delete
    3. Kalau menjdi perwakilan, berarti istimewah dong Mba, he,, he,, he,,

      Delete
    4. Belum bisa saya membawa nama pati baru juga secuil

      Delete
    5. wah semoga lewat soto kemiri ini kota pati akan semakin dikenal yah mbak Indah :)

      Delete
  5. tidak terbayangkan jaman susahnya dahulu ya ? kemiri saja dibuat bahan menu soto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bogol pisang juga dimakan kok mas :)

      Delete
    2. sekarangkan sudah tinggal senengnya kan mas DJB

      kang ucup bener bab nggak ada yg lain

      Delete
  6. hem, kayak enak hehehe
    Tapi banyak makan kemiri apa gak bikin tuli mbak? kata orang2 sini sih gitu hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok ditempat saya nggak tau mitos itu biasanya sih kalau kebanyakan makan tempe katanya

      Delete
    2. beda beda yah mbak, hehehe
      salam sialturahmi :)

      Delete
  7. kalau yg ori rasanya pasti getir ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kemirinya saja ya jangan dimakan kang itu kan obat rambut

      Delete
    2. hahaha...emangnya hanphone kang ucup pake ori ori an :D

      Delete
  8. enaknya soto.. masakan soto ini berasal dari kaum jawa di malaysia.. jika hari raya pasti ia akan dimasak untuk open house (jamuan hari raya).. saya juga menggemarinya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aslinya dia dari madura lalu banyak perkembangan

      Delete
    2. baru saya tahu aslinya.. hehe.. ternyata ia menjadi makanan yang terkenal dan diterima oleh ramai orang..

      Delete
  9. enaaakk ... like soto. Nanti pulang minta bikinin bunda ah ... hehe.

    ReplyDelete
  10. Wah, penasaran nie mbak Indah....Di daerah minang kabau baru terkenal soto madura. Pasti enak soto kemiri khas Pati ya, mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba mas uda pasti rasanya tidak sama

      Delete
  11. hmmm, bikin ngiler, resepnya bisa dipraktekin, daripada jauh ke pati :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan di praktekin mas siapa tau lebih enak

      Delete
    2. Sedia tisu bacanya, jangan lupa dilap kalau ngiler .. hehehe

      Delete
  12. baru dengar saya mbak tentang soto kemiri ini. Kayaknya bisa dicoba untuk membuatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama yang beda bikun ngetren katanya..coba saja mudah kok...

      Delete
  13. Jadi Pengen makan mbk tapi gx bisa masaknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung pergi kewarung saja mas...

      Delete
    2. langsung ke warung saja mas Rahmat, nanti mau dibayari jenx Indah lho ... hehehe

      Delete
  14. baru tahu mbak ada soto kemiri, rasanya apa sama kaya soto yang biasa saya makan yah hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan saya ndak tau yang biasa mas anthonie makan...

      Delete
  15. kalo soto apapun jenisnya saya suka....

    #tes.. tes.. tes.. ngiler

    ReplyDelete
  16. Soto kemiri khas pati ini saya pernah makan pada saat mampir di kawasan daerah Pati mab, ya lumayan lah enak juga. hm......


    Salam,

    ReplyDelete
  17. Waahh gambar soo kemirinya bikin ngiler jenk..
    Terimakasih tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa tisu mbak buat lap hehe

      Delete
  18. Namanya soto kemiri, pernah ngerasain enak koq rasanya.

    Mau dicoba ah resepnya. Makasih

    ReplyDelete
  19. Blum pernah nyobain soto khas pati, mau nyoba resepnya nanti suruh mamah aja masaknya. :D
    salam kenal mba..

    ReplyDelete
  20. Lihat gambarnya jadi lapar nih :)
    Ternayata tiap daerah punya soto khasnya masing masing ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciri khas masing2 ya mas

      Delete
    2. Iya jenk yang pernah saya coba soto tegal, soto banyumas,soto betawi sama soto asal daerah saya sendiri tp ngak tau nama sotonya he...

      Delete
  21. Waduh jadi laper nih saya hehe
    mau coba bahan-bahan nya nggak semppat beli nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada jalan lain mas kalo perut dah laper, obat yang paling ampuh dan mujarab bersegeralah makan hehehe...

      Delete
    2. mas fikry betul kata mas marnes solusi yang mujarab

      Delete
  22. Soto ... pasti banyak santannya ya mbak ... mesti gurih banget ini ... mmm ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Guriiih....guriiih....maknyusss ya mas :)

      Delete
    2. di pati tidak pakai santan mas fani

      Delete
  23. enakan mana sama soto semarang mba, resepnya perlu ni dicatat buat istri dirumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak kakak adek mas beda tipis

      Delete
  24. Soto memang makanan khas yang sangat nikmat rasanya, masing-masing daerah memiliki ciri khas cara memasak dan resep bumbu sotonya. Tak heran di beberapa warung soto khas ramai dikunjungi para penggemarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget mas tiap daerah memiliki khas tersendiri mengenai soto ini, saya sering dengarnya soto kudus tuh :)

      Delete
    2. Benar sekali mas tiap daerah punya cita rasa masing2

      Delete
  25. Sekilas saya liat gambarnya kirain saya bubur mbak, ternyata bukan ya melainkan soto kemiri khas Pati...
    Kayaknya gurih...guriih...nikmat tuh mbak :)

    ReplyDelete
  26. makasih resepnya jenk,,,,
    kpan" di coba nie,,,

    ReplyDelete
  27. wah kira kira saya bisa mempraktekan resepnya nggak ya mbak.. soale saya ini kurang bisa masak memasak mbak, maklum saya kan cowok mbak, tapi akan saya coba deh.. suatu saat pasti bermanfaat nih kalau saya bisa buat soto hehehe... terimakasih ya mbak resepnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti bisa lho banyakan koki kan cowok

      Delete
  28. Boleh nyicip nggak min???

    Follow blog saya ya
    http://infoejaman.blogspot.com/
    :)

    ReplyDelete
  29. wah kebetulan nih saya berkunjung hari ini, pertama nasi uduk, rendang jengkol, nasi menjadi bubur, sekarang disini pas soto khas pati.... ckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. lengkap hari ini ya mang

      Delete
    2. saya kok jadi lapar setelah baca komennya mang Yono yah hehe...

      Delete
    3. Makan yuk mas, saya juga dah laper nie...belum makan, baru sarapan bubur doang hehehe....
      Orang Indonesia walupun paginya dah makan lontong ampe 4 biji pasti bilang belum makan hehehe....

      Delete
    4. apalagi klo admin berbaik hati mentraktir

      Delete
  30. berbicara masakan soto kemiri, jenk nya udah pernah buat sendiri belum tuh. hehe. penasaran rasanya kaya apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selalu buat lho mas tapi lebih sering pakai bihun

      Delete
    2. wah bagus tuh jeng. seneng liat orang yang pinter masak... kirain cuma jadi penikmat sotonya doang. hehe

      Delete
  31. Mau dong dikirimin seporsi soto Kemirinya.

    ReplyDelete
  32. negara kita begitu luas sehingga banyak macam2 soto, tapi kalo yang ini aku belum pernah merasakan deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan sampai nggak coba ntar nyesel lho

      Delete
  33. Maaf jeng kalau komentar saya OOT, melihat akhir-akhir ini Jeng Indah sering posting tentang resep ini juga sangat cocok untuk main GA silahkan dicoba saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya bagus sob buat dicoba, tapi sayang saya belum di approve ma mbah :(

      Delete
    2. mas baskoro cuma bisa ngelus dada sebab daftar langsung ditolak

      mas yobert ayo naik pesawat ngejar mbah google

      Delete
  34. kayaknya soto makanan yang paling banyak digemari setelah sambel..

    ReplyDelete
  35. Wah sadap tu kayaknya hehe, bisa dicoba ni mbak :)

    ReplyDelete
  36. jadi dulu kemiri berasa ayam ya mbk
    besok libur buat ahhhh

    info yang menarik
    makasih mbk

    ReplyDelete
  37. paling enak kalau makan soto itu pas pagi hari buat sarapan ya mbak. Jadi rasanya seger ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mbak, kasih sambel dikit tambah maknyus deh :)

      Delete
    2. hehe... tahu aja nih mbak Ririn :)

      Delete
  38. kemiri itu apa sih mbak????

    ReplyDelete
  39. Telat, masih kebagian jatah gak ya ...?

    ReplyDelete
  40. pagi pagi liat beginian, jadi laper :) pesen satu mbak :D kayaknya enak nih, pasti ga kalah enak sama soto banjar ;)

    ReplyDelete
  41. Wah enak juga nih kalau begitu, memangnya asli mbak di pati ya?

    ReplyDelete
  42. Mbak, udah dijawab tuh hasil analisa buah kesukaannya.
    Oya, soal ga ada pemberitahuan sebaiknya mbak gunakan operamini aja buat membukanya atau dengan menjadikan favorit blog saya di uc browsernya.

    Komentari juga ada artikel terbaru.

    ReplyDelete
  43. belum pernah ada di daerah saya, jadi penasaran nih.

    ReplyDelete
  44. gigi saya kok jadi pada nendang yah ,,,,

    ReplyDelete
  45. Wow.. penasaran dengan rasanya... Soto Kemiri,

    ReplyDelete
  46. Izin print langsung mbak :D langsung nyobain resepnya di temenin ibu saya :D

    ReplyDelete
  47. kalau soto di campuri paha ayam getu, pasti marem ya mbak :D
    saya malah jadi lapar nich hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal pesen kok mbak :)

      Delete
    2. terus yang bayar siapa mas Bud hehe...

      Delete
  48. dari namanya aja..bikin orang penasaran...
    sayangnya mbak Indah...ndak nyedian buat testernya ya...hehehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. testernya udah habis mas, saya aja kebagian kuahnya doank hehe...

      Delete
  49. Baru tau gan ada soto kemiri. enakkah rasanya ?? :D

    ReplyDelete
  50. liat gambarnya malam-malam gini.. langsung jadi lapar hehehe

    ReplyDelete
  51. Kayaknya enak tu soto, tapi saya belum pernah nyoba :)

    ReplyDelete
  52. wah saya teelat kayanya gak kebagian soto kemiri
    Khas pati nih. kaya nya enakan soto dari jawa nih ketimban kemarin saya makan soto khas sunda yah Mbak Jenx Indah ?

    ReplyDelete
  53. Salam kunjungan rutin ... lihat gambar soto pagi-pagi jadi lapar .... hehe

    ReplyDelete
  54. soto kemiri buatanku udh matang,siap di santap sesuai resepnya jenx nih hehe..

    ReplyDelete
  55. mbk kemaren juga saya masak soto
    nanti saya posting ya
    tanding rasa kita hehehe

    ReplyDelete
  56. pasti enak nih, jangi ngiler. icip2 dong mbak :)

    ReplyDelete

Trimakasih sudah berkunjung
salam persahabatan