Friday, December 6, 2013

Nasi gandul khas pati

Salam temanku
Belum lengkap rasanya apabila sudah sampai ke pati belum mencoba makanan khasnya yaitu "NASI GANDUL" Sepintas nasi gandul ini mirip dengan semur ataupun gulai tapi tetep beda lho sebab nasi ini khas dari pati Ini adalah resep apabila anda ingin membuatnya sendiri dirumah yang saya dapatkan dari kuliner pati


Bahan yang diperlukan adalah

  • 500 gram daging sapi
  • 1liter santan 
  • 2cm lengkuas
  • 1 tangakai serai dimemarkan/dikeprek
  • 1 lembar daun salam
  • minyak untuk menumis secukupnya 
Bumbu yang dihaluskan

  • 4 butir bawang merah
  • 4 butir bawang putih
  • 4 buah cabe/cili merah
  • 1 buah kluwak diambil isinya
  • 1/4 sendok teh ketumbar
  • 1/4 sendok teh jintan
  • 1 cm kencur
  • 3 buah kemiri(buah keras)
  • 1 ruas jahe
  • sedikit merica
  • sedikit trasi (belacan)
  • 1/2 sendok makan gula merah
Caranya

  • pertama bersihkan daging kemudian potong berbentuk dadu lalu tiriskan
  • Selanjutnya panaskan minyak goreng kemudian goreng bumbu yang dihaluskan  bersama dengan daun salam,serai dan lengkuas
  • sampai harum
  • Rebus santan yang telah disiapkan bersama dengan daging dan bumbu yang telah ditumis tadi,rebus hingga mendidih dan daging terasa empuk
Cara penyajiannya:cukup alasi piring dengan daun pisang(harus)baru letak nasi dan tuang daging bersama kuahnya
Bisa dimakan dengan menggunakan sendok atau lebih nikmat menggunakan suru (suru adalah daun pisang yang dilipat ukuran kecil seperti sendok)
Dan nasi gandul ini bisa dinikmati bersama bergedel,tempe goreng dan juga kerupuk{sesuai selera}
[selamat menikmati selagi hangat]
Demikian resep nasi gandul khas pati yang saya ambil dari kuliner pati apabila ada kekurangan saya mohon maaf

sumber:kuliner pati

167 comments:

  1. Selamat pagi Mbak Jenx Indah. asyik pagi-pagi
    Di kasih sarapan Nasi Gundul Khas Kota Pati
    Terima kasih Mbak Indah kebetulan pas Lapar nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di Kasih Nasi Gundul sama Mbak Indah
      Dapat Pertamax lagi double terima kasih nya deh Mbak Indah
      Wah banyak juga yah Mbak resep nasi Gundul itu saya belum
      Pernah nyoba nasi gundul pasti Nikmat yah Mbak Indah

      Delete
    2. asyikk..doube jos ya mas karrysta

      Delete
    3. saya kira nasi gandul itu bentuknya nggandul gitu, huhuhu :)

      Delete
    4. Mojok paling bawah aja deh, siapa tau masih kebagian nasinya :D

      Delete
    5. dulu kan waktu jual dipikul mbak indri jadi gandul2
      silahkan mojok mas hati2 ada semut

      Delete
    6. oooohhh...jadi itu asal muasal nama makanan ini mbak... :)

      Delete
    7. jadi laper nih mbak, gara-gara liat nasi gandulnya mbak Indah hehe...

      Delete
    8. Mas Karris ~ Nasi gandul kali mas, yang bener yang mana nie mbak nasi gandul apa nasi gundul...?

      Delete
    9. saya juga jadi bingung nih mau coba bikin , nanti ada yang nanya nasi gandul apa nasi gundul....

      Delete
  2. pagi2 dh bikin lidah bergoyang ,,,,,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat pagi dengan aktifitas perlu sarapan untuk kebugaran tubuh

      Delete
    2. gigi saya malah bergoyang nih

      Delete
    3. Awas giginya copot nanti mas.....

      Delete
    4. hahahaha, klo lidah dan gigi bergoyang lantas mulut ?

      Delete
    5. daging sapi pasti enak dan gurih .

      Delete
    6. kalau jempol tangan ikut bergoyang juga bagai mana ya?

      Delete
  3. selamat pagi.. wah.. tentu enak nasi gandul ini.. lihat gambar saja membuatkan saya teringin untuk makan.. hehe.. ada masa boleh saya mencuba resipi ini.. terima kasih sharing resipinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu siap di tampung deh uangnya....

      Delete
    2. kalau uang saya juga mau

      Delete
    3. Nasi gandul itu membuatkan saya teringin memakannya, nanti saya akan mencuba membuat nasi gandul itu dirumah :)
      Terima kasih kerana berbagi mbak jenx ^_^

      Delete
    4. silahkan mbak indri yang paling penting alas daun pisang itu buat sedep

      Delete
    5. jangan lupa mbak Indri kalau sudah jadi nasi gandulnya kasih tahu saya yah hehe...
      Mbak Indah mau juga kan :)

      Delete
    6. saya juga mau yang pakai alas daun pisang... tapi jangan dikasih alasnya doang nasinya juga kale ..xixix

      Delete
    7. berarti nasi sama daun pisang saja ya mang ? 3 ribu saja mang :)

      Delete
  4. udah aku print trus tak kasih ke emakku mbak.... walkaakakakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyik langsung dipraktekin jangan lupa bagi2 ya

      Delete
    2. saya juga mau dong di bagi

      Delete
  5. Supaya agak pedas, jangan dikasih gula merah, kemudian cabe ditambah ya mbak? Maklum, orang Padang seperti saya ini suka yang pedas....hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas uda sedikit biar ada rasa manis kalau mau pedas tambah cabe yang kecil merah itu wah....sssttt

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. yang pedas memang hot heheh

      Delete
  6. kalau di tempat saya 'gandul' itu pepaya mbak :)
    sepertinya enak nih mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang ucup ada yang bilang pepaya itu gandul..nah nasi gandul di tempat saya seperti itu...enak pasti

      Delete
    2. Apalagi kalau tinggal makan Mba, lebih enak lagi.....

      Delete
    3. tentu enak dimakan ketika masih panas..

      Delete
    4. rasanya lain kalau sudah sejuk mizz

      Delete
    5. Kayaknya dia muali lapar :D

      Delete
    6. gandul itu pepaya ya..?
      berarti kalo pepaya pepaya..?
      *sambit panci

      Delete
    7. gandul gandul jadinya mas... kalau dibawa jalan xixixi... kabuuur...

      Delete
    8. gandul, pepaya kates dan tentu masih ada sebutan yang lain :)

      Delete
  7. Wh-hehe... siang2 ada kuliner kyk gini. Kl jeng Indahnya lagi masak agak dibanyakin yah, bagiin ke tetangga blog. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kang pri kalau minat tinggal di copas terus dibagi-bagi ya..

      Delete
    2. boleh kirim sama saya di malaysia juga.. hehe..

      Delete
  8. Wah ada komponen TEH JINTAN? hmmmmm cari dimana ya. Apa ada dijual di Mall atau toko toko terdekat ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di toko bangunan kayaknya ada tuh Kang..xixixi

      Delete
    2. tergantung ukuranya Kang he,, he,, he,,,

      Delete
    3. dimana - mana ada mas asep
      Biasa mas nakusan belinya di toko bangunan bareng mas indra

      Delete
    4. om ks sukanya ke toko material
      emang materialistis ya..?
      haha

      Delete
  9. nasi gandul ini mungkin seperti nasi becek kalu dituban sana.
    orang pantura memang suka makan pedes ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada juga yang gak suka..
      Admin lho gak suka pedes...

      Delete
    2. betul mas agus orang pantura sukanya yang pedes dan hot
      mas nakusan itu lho nggak suka pedes

      Delete
    3. yang suka pedes-pedes katanya nafsunya tinggi ya

      Delete
    4. nasinya abis keujanan ya, om..?

      Delete
    5. habis di pipisi kucing katanya mas

      Delete
  10. nasi gandul. berarti nasinya gandul-gandul ya mbak. kayak jam gandul..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada jaman dulu yang jual kan di pikul mas jadi gandul2 sekarang udah nggak lagi

      Delete
  11. wah mbak indah jago masak juga ya ternyata. Saya belum pernah makan nasi gandul mbak. Boleh dicoba mbak resep nya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mbak ririn siapa tau aja masakan mbak lebih mantap

      Delete
    2. wah saya kebetulan nggak bisa masak mbak, hanya bisa makan hasil masakan aja hehehe Ini aja masih belajar masak memasak :D

      Delete
    3. wah mbak Ririn pasti merendah deh, coba mbak masak nasi gandulnya nanti saya cicipin enak enggak hehe...

      Delete
    4. Ea saya bisa nya masak air dan masak mie rebus mas hehehehe :D

      Delete
  12. Nasi gandul khas pati memang enak dan lezat, namun untuk yang suka dengan rasa pedas sebaiknya di tambah dengan sambal, biasanya lauknya manis.

    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk warung2 kecil biasa tempe goreng krupuk itu saja tapi yang sudah punya warung yang banyak pengunjung biasanya di tambah aneka hidangan termasuk lauk

      Delete
    2. aku malah udah lupa rasanya
      abisnya cuma makan sekali beberapa puluh taun lalu

      Delete
    3. Ya, beli lagi lah, mas... :)

      Delete
  13. Buat para ibu-ibu rumah tangga dan kaum remaja putri yang mau mencoba resep Nasi Gandul khas pati dari Jenx indah mari silahkan, buat para bapak-bapak dan mas-mas kalau ingin mencoba rasa nasi gandul jangan lupa untuk memesanya ke jenx indah ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyik bisa jadi promosi juga ini ya....kalau udah ada yang pesen nanti saya buka warung deh cik awi

      Delete
  14. wah jadi lapar lihat artikel ini. salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dilihat saja ya
      salam kenal balik

      Delete
  15. hmmm boleh juga tuh resepnya, nanti saya mau coba dhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba mbak putri.....

      Delete
  16. enak sekali mbak sepertinya nasi gandul khas pati ini, baru tahu saya, hehehe :)
    makasih telah mengimin-ngimin saya dgn nasi gandul khas pati ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa tau saja mbak indri tiba2 lewat pati kan bisa mencoba...

      Delete
  17. Ooohh mbaknya ini asli pati juga tho?? Aku orang pati tapi nggak bisa masak gandul..
    Bisa belajar dari sini dech

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah cah pati to tonggo dewe...yang paling penting makannya enak nggak bisa masak yo ndak apa banyak warung

      Delete
    2. Yoo mbak aku wong pati...
      Tapi pati ne nxeso mbak..
      Ra onok warung gandul

      Delete
    3. Wah, saya juga org pati... ra pati nggenah... :D

      Delete
  18. ckckck hari ini banyak yang posting makanan yang enak enak nih... ada resepnya juga lagi... namanya nasi gandul, saya belum pernah nyoba rasanya bagai mana ya jenx

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicobain aja mang musim hujan kayak gini pasti enaknya makan apalagi yang masih hangar hmm bikin ketagihan...

      Delete
    2. aku juga posting makanan lho, mang...
      *menu penangkal petir...

      Delete
    3. kalu sudah nyobain nasi gandul pasti ketagian ya jenx... kalau gandul - gandul saya sering nyobain....

      hahaha menu penangkal petir bikin perut jadi hot - hot mas... hehehe

      Delete
  19. menu baru heheh gak perlu jauh jauh pergi ke pati, tinggal beli aja bahan - bahannya lalu masak sendiri... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas zaelani beli bahannya tinggal masak makan rame2 kan asyik

      Delete
  20. simpan dulu resep nya,,,,
    ntar tinggl buka catatn saat praktek,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. maya boong ah...
      paling bentar juga udah lupa, hahah...
      *siapin wajan

      Delete
    2. Mbak MaYa ngapusi ya mas Rawins, paling sekarang udah lupa, hehehe :P

      Delete
  21. Jadi pengen makan ni nasi gandul....hmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah kok kalau belum bisa masak tinggal pergi ke warung

      Delete
  22. kebetulan saya belum pernah mencobanya ni mbak.. saya simpan dulu resepnya hehe.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan mas..nanti tinggal dipraktekin ya

      Delete
  23. Saya paling suka kalau makan pake daun pisang selain rasanya yang lebih enak juga ada harum daun pisang jadi selera makan saya bertambah, nasi gandul juga pastinya lebih enak kalau pake daun pisang yah mbak Indah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. daun pisang alas nasi gandul ini kalau diganti sama kertas minyak rasanya lain mas anthonie lebih menyelerakan pakai daun pisang pastinya

      Delete
    2. iya mbak saya paling doyan kalau yang pake alas daun pisang :)

      Delete
  24. waduh saya salah dateng pagi pagi kesini.. hmmm belum sarapan malah sudah di suguhi Nasi Gandul Khas Pati ini mbak.. tambah bukak dikit josss nih perut saya.. xixixixi

    oya kok bisa di bilang nasi gandul itu gimana critanya mbak..?? apa nasinya gondal gandul gitu ... ckckckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak gitu la mas dulunya sih yang pada jual dipikul orang2 lalu memberinama nasi gandul kata orang lho

      Delete
  25. Sedap tu kelihatannya, pengen mencoba tapi jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masak sendiri saja cak kalau jauh dari pati..tapi kalau pas datang ke semarang,jakarta,yogyakarta sudah ada kok

      Delete
  26. Waduh kayaknya enak banget tuh.. Jadi lapar :)
    Tapi kok gak ada gandulnya ya.. Boleh donk Jenx kapan kapan saya minta dikirimin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mas heri kalau pas buat tapi bagus langsung ke pati sekalian wisata...

      Delete
  27. baru dengar ini mbak nasi gandul, seperti apa ya rasanya

    ReplyDelete
  28. maen ke Pati...rasanya kecil banget kemungkinannya, mendingan dicopas resepnya lalu kasih ke istri....moga nasi gandulnya bisa semirip nasi gandul asli bikinan orang Pati....;o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyik itu ide yang lebih baik daripada susah2 ke pati akhirnya nyasar kan bagus masak sendiri ya mas...

      Delete
    2. mendingan ke pati, mang...
      disana belum ada tukang jual ubi
      barter aja deh barter sama nasinya diajeng...

      Delete
    3. begitu juga boleh mas rawins

      Delete
    4. ngga ah...brokernya kang rawins mah bisa bahaya.,,,kebagian apanya nanti saya coba?

      Delete
  29. enak juga ya, mbak pernah ngerasain masakan sunda belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya masakan sunda identik sama lalapan pak ustadz dan saya jenis orang nggak begitu suka sama yang mentah...kira2 yang mantab dari masakan sunda apa ya

      Delete
  30. Enak banget kayanya tuh nasi gandul ehehe :)
    maap baru berkunjung lagi UTS nih mbak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe bukannya konsen belajar...malah begadang..

      Delete
  31. kebetulan gi laper nih... :D blh nyicip ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan silahkan yang enjoy ya...

      Delete
  32. jadi ke ingat lebaran kemarin mba.. di masakin kaya begituan. tapi bukan khas pati, melainkan khas ibu saya. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti rasanya enak ya mas...nggak usah sama yang penting beda tangan beda rasa...

      Delete
  33. Wah saya mah baru denger namanya juga mbak, namanya unik banget nasi gandul..adanya cuma di daerah Pati aja ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jakarta-semarang-yogyakarta sudah aa mas

      Delete
  34. Liat gambarnya buat saya ngiler jenx coba jenk indah mau masakin bwt saya :D

    ReplyDelete
  35. Mendadak kepingin nih...
    Sayangnya cuma ada di pati ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di pati hampir seluruh penjuru aa mas tapi kalau dikota yang saya sebut diatas paling juga terbatas

      Delete
  36. enak ga tuh kaa?

    klo sempet mampir juga yaa diblogku yg ancur :(

    ReplyDelete
  37. kudu nyobain ini :D
    jadi laper dah hahay

    ReplyDelete
  38. wah, kelihatan enak nih nasi gandulnya mbak,,,

    ReplyDelete
  39. saya belum pernah nyoba mbak, nasi gandul ni

    ReplyDelete
  40. Jogja juga ada nih nasi gandul hehe, memang mantap rasanya.

    ReplyDelete
  41. belum pernah coba . . .
    jadi pengennn , , ,
    laperrrrrrrrrrrrrr . . :D:D:D

    ReplyDelete
  42. inyong sering ke Pati , tapi belum pernah coba nih .. mbayangke dulu rasanya ah... gluk.. gluk .. gluk.. hehhe nikmat pastinya

    ReplyDelete
  43. Untuk sementara resep masakannya di save dulu mbak, buat belajar masak memasak ^^

    ReplyDelete
  44. Mohon ijin untuk mengambil resep masakannya Mbak. Mau di praktekkan.

    Kebetulan kami suka masak sendiri

    ReplyDelete
  45. wah, ternyata nasi gandulnya laris manis :hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya enak kang, saya aja sampe ngiler nih hehe...

      Delete
  46. gandul itu pepaya kan? hehehe. oh iya, saling follow ya? udah tak follow tuh, ditunggu komentar dan follow back nya... :)

    ReplyDelete
  47. makanan adalah kebutuhan hidup dan masakan yang diolah dengan berbagai resep itu bukan cuma kebutuhan tapi juga merupakan kesenian yang patut dilestarikan dan dikembangkan. kalau ada menu masakan yang seperti ini jadi pengen deh. hehe terimakasih informasi menu masakannya mbk..

    ReplyDelete
  48. pernah makan tapi baru dengar,,hihi lupa karena dh lama gak di jawa ^_^

    ReplyDelete
  49. asyik banget ternyata semua pada suka nasi gandul ...makasih all

    ReplyDelete
  50. waaah enak tuh ;) buatin dong ka ;P

    ReplyDelete
  51. Suer deh saya baru dengar kalau ada makanan yang namanya nasi gandul, hehe

    ReplyDelete
  52. Mbak belum update artikel terbaru yah? saya dari tadi lihat blog mbak belum update nih hehe :)

    di tunggu lagi postinganya nih, jadi kangen ahahaha :D

    ReplyDelete
  53. bisa dicoba untuk disajikan di rumah :)

    ReplyDelete
  54. Sore-sore begini perut lapar enaknya makan nasi gandul mbak..

    ReplyDelete
  55. Jreng... jreng, mampir kesini langsung jadi pengen makan aja tuh santapan yang membuat air liur keluar.

    ReplyDelete
  56. Mantap nie Mbak, bikin ngiler pastinya, apalagi kalau makannya pakai suru. Tapi santannya itu lho kok banyak banget sampai 1 liter. Banyak kolestrolnya nie :D

    ReplyDelete
  57. saya sebenarnya hanya penasaran aja mbak sama nasi gandul ini soalnya belum pernah nyoba. Tapi kayaknya enak banget dilihat dari cara penyajian nya dan bahan-bahan serta cara memasaknya hmmm :)

    ReplyDelete
  58. makan dengan wadah daun pisang rasanya makin Maak nyuss. :D

    kalo ke pati nyobain ah

    ReplyDelete
  59. Nasi gandul khas pati... hm nama yang baru saya dengar Mba...dari tampilannya sepertinya rasanya enak ya Mba, saya jadi penasaran untuk mencobanya...

    ReplyDelete
  60. Datang lagi mbak mau nyobain nasi gandul khas patinya, masih ada kan hehe...

    ReplyDelete
  61. Masih penasaran sama nasi pati nya nih mbak :)

    ReplyDelete
  62. wah sepertinya enak nih.. tapi tenggorokanku lagi kagak nyaman... kpn2 aja deh coba :D

    ReplyDelete
  63. wah mba itu sepertinya enak banget ya, hehe

    ReplyDelete
  64. Dulu aku pernah nyoba Nasi Gandul, waktu Bu Lik yang tinggal di Winong hajatan, tapi rasanya kok manis manis gitu ya, Jenx?

    ReplyDelete
  65. kalo ke pati mesti nyoba nasi gandul neh, bener2 bikin ngiler, belum pernah nyobain.
    kuliner jateng pada umumnya paling favorit, maknyus

    ReplyDelete

Trimakasih sudah berkunjung
salam persahabatan