Sunday, December 1, 2013

Mitos kidung Lingser wengi

Salam temanku
Hanya untuk mengulas balik saja saya yakin pasti sudah pada tau...
Banyak rumor yang beredar tentang kidung"linsgser wengi"
kabarnya barang siapa yang melantunkan tembang tersebut pada saat tengah malam maka akan muncul makluk halus bernama kuntilanak
Tembang ini menjadi populer semenjak menjadi sountrack film berjudul "KUNTILANAK" yang diperankan oleh julie estelle
kurang lebih seperti ini kidungnya :
           "Lingser wengi sliramu tumeking sirno
             ojo tangi nggonmu guling
             awas jo ngetoro
             aku lagi bang wingo-wingo
             jin setan kang tak utusi
             dadyo sebarang lelayut sebet"
Dalam bahasa indonesianya :
           "Menjelang malam dirimu akan lenyap
            jangan bangun dari tempat tidurmu
           awas jangan menampakkan diri
          aku sedang dalam kemarahan besar
          jin setan yang kuperintah
          menjadi perantara
         untuk mencabut nyawamu"


Konon kidung ini diciptakan kajeng sunan kalijaga untuk menolak bala dan mencegah dari perbuatan gaib yang ingin mengganggu,
kidung ini diciptakan dengan menggunakan pakem durma
sedangkan pengertian pakem durma sendiri harus mencerminkan suasana
yang keras,seram,ngeri,dan juga mencerminkan rasa kesedihan
oleh sebab itu lingser wengi ini dilantunkan dengan perasaan yang lembut
dengan tempo pelan hingga kesannya sangat menyayat hati

Hasilnya apabila kanjeng sunan kalijaga sendiri yang melantunkan kidung ini
jin setan serta kerabatnya tidak akan berani berkutik
lain halnya kalau kita yang melantunkan kidung itu apalagi di tengah malam
bukannya mereka pada tidur malahan mereka akan terbangun
apalagi kalau kita menyanyinya dengan alunan rock metal ataupun dangdut koplo
alhasil bukan cuma makuk halus saja yang bakal datang tetapi tetangga apalagi
pihak aparat akan langsung ke TKP jadi untuk itu berhati hati saja

Jadi kesimpulannya apapun kalau niat kita baik akan baik pula hasilnya
tapi apabila sudah melenceng pada niat yang kurang baik maka hasil harus kita tanggung sendiri ,jangan nanti menyalahkan pencipta  tembang ini
sebab saya pernah mendengar ada yang bilang apa maksut dari orang yang membuat lagu ini,saya tegaskan saja bahwa kidung ini tenar setelah mewakili film kuntilanak

dikutip dari:sumber-suber yangdipercaya

98 comments:

  1. liriknya mengerikan sekali mba, untuk saya tak paham bahasa tulisan jawa itu. hadeuhh tak mau saya mengucapkannnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untung banget ya nggak ngerti bahasa jawa ya mas jadi nggak perlu takut

      Delete
    2. intan@ mas kok ga da komen baliknya sih ke blog saya?

      Delete
    3. hehehe....lirik dari kidung lingsir wengi sudah di modifikasi oleh didi kempot,
      lingsir wengi
      sepi durung bisa nendro

      Delete
    4. ora ngarti basa jowo, tapi kayaknya saya paham nih maksudnya lirik kempot. wkwk =))

      Delete
    5. Bahasa jawanya tingkat tinggi nih, bukan bahasa sehari-hari, btw kalau yang gk paham bahasa jawa trus baca ini apa bisa muncul juga ya mbak Kuntinya...???

      Delete
    6. Nyimak disini akh biar gak takut soale di bawah tadi
      Saya di grumung nyamuk hhh simak lagi artikel seremnya
      Mbak Jenx Indah salam sukses deh artikel yang Cemerlang

      Delete
    7. buset...
      ada yang numpang komplen disini...
      emang kalo dikomenin jadi wajib komen balik ya..?

      Delete
  2. wah, saya jadi takut mbak kalau ternyata kidung itu bisa datangkan kuntilanak, hmmm :)
    saya juga memang pernah dengar bahwa ada juga lagu jawa yg bisa datangkan genderuwo, hiiiiiiiiii.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. fenomena ini bahkan sampai luar negri diyakini masyarakat seperti itu

      Delete
    2. kok ada juga yah orang yang berani nyanyiin lagu ini hehe...

      Delete
  3. Iih, postingan nya ngeri euyh :(

    salam kenal, salam persahabatan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang sekilas ngeri makanya gambar saya pilih yang nggak ngeri
      salam kenal balik ya..salam persahabatan

      Delete
    2. dah tak followback kok

      Delete
  4. lingsir wengi bukannya yang

    Lingsir wengi sepi durung biso nendro...
    huwooo huwooo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yang campur sari ya itu kan liriknya masalah cinta
      yang ini adalah kidung jaman dahulu oleh kanjeng sunan

      Delete
    2. didi kempottttttttt...

      Delete
    3. dengerin Kang Rawin nyanyi jadi hadir saya di sini.

      Delete
    4. hahaha jebulnya banyak penggemar campursari juga...
      ya maap wong aku taunya lingsir wengi ya yang itu :D

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Karena dari terjemahan bahasa Indonesianya, ternyata ini ada pemanggilan jin sehingga jin tersebut bukannya takut sebetulnya sebaliknya akan menyerang.

    Sekalipun itu karangan Sunan Kalijaga kalau enggak ada dalam al-Qur'an dan Hadits maka enggak perlu diamalkan pasti ada akibatnya.

    Banyak loh mbak, pasien saya ketika dirukyah mereka langsung kesurupan setelah mengamalkan amalan yang bukan dari Islam tepatnya dari ajaran kejawen yang ada jin tersebut menceritakan pada saya. Mereka datang akibat amalan tersebut. Jadinya jangan coba-coba.

    Lebih tepatnya mbak baca artikel ustadz yang berjudul Tanda Serangan Gaib

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul pak ustadz apapun ilmu maupun amalan kalau tidak ada guru maka tidak harus diamalkan sebab itu membahayakan diri sendiri
      makasih ya langsung ke TKP

      Delete
    2. ya lihat lihat dong jeng...
      kalo hal yang baik mau ada guru mau engga ada baiknya tetap diamalkan. belajar itu kan ga harus kepada guru. Iqra itu pun bukan semata membaca kitab suci, melainkan membaca semua tanda tanda yang diajarkan alam semesta...
      *kayaknya sih... :D

      Delete
  7. Wah mbak saya jadi takut :( Oh iya lengser wengi juga ada lagunya ya mbak? dan lagu terseram di indonesia katanya :'( jadi takut

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi seram karena jadi sountrack film hantu ya

      Delete
    2. Bukan film hantu sih mbak hehe. Saya pernah searcing di google keyword '' Lagu hantu terseram di indonesia

      Langsung muncul lengsir wengii hiiiiiiiiiiiii takut mbak :'(

      Delete
  8. Kabarnya sih gitu mbk saya denger" dari tmen

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih mas katanya juga sih...sebab saya juga nggak mau ikutan

      Delete
  9. baca liriknya serem banget yah mbak, apalagi kalau dinyanyiin sekalian bikin merinding pastinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti mas apalagi tiap jam 12 malam saya sering dengar kidung ini di radio....

      Delete
  10. Hahaha , , ,kaya' nya boleh juga tuh dinynyiin rock metal atau dangdut koplo . . . :>)

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kawula muda nih yang suka rick n rol coba di gubah dech

      Delete
  11. percaya saja sama Tuhan .. kalao dinyanyikan dangdut tar yang ada malah datang ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dinyanyiin dengan irama dangdut yang datang para penyawer mas nucky

      Delete
  12. mitos kah?....hehe
    itu photo diatas posenya gak serem malah merangsang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau serem pake banget ya saya takut buka blog mas reo
      tadinya mau tak kasih yang seksi nanti malah disensor...tiiit...

      Delete
    2. Jangan Nangis Mbak Indah tenang ada saya di sisi Mbak lho hhh

      Delete
    3. Photonya terlihat maknyus.......

      Delete
    4. hahaha lik reo dilawan...?

      Delete
  13. kalo hanya membacanya...beda sama menyanyikannya ya mbak....
    aman....deh kalo beda...hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti beda mas kalau cuma baca terus pada datang jadinya banyak pengikut dong

      Delete
  14. aku pernah dengar tembang ini dinyanyikan..memang iramanya sangat pelan dan yang nyanyi juga seakan menghayati teramat sangat..tapi tembangnya jadi enak dinikmati...... saya malah heran ..kenapa tembang ini di mitoskan sebagai pemanggil kuntilanak ya ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebab waktu itu jadi wakil dari film kutilanak mas akhirnya benar2 bisa mewakili...

      Delete
  15. Nyanyian kidung lingser wangi itu sejenis mantra, ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaman dahulu kala bisa dikategorikan seperti itu mas,,waktu penyebaran islam,,...kanjeng sunan banyak disukai para jin jadi kidung ini bisa membungkam mereka...

      Delete
  16. Replies
    1. Bertaubatlah sebelum nyawamu di ambil O:)

      hehe bercanda kang :D

      Delete
    2. oh tidak mas DJB
      game..ngapain

      Delete
  17. weh, serem juga yak mbak...hihi

    ReplyDelete
  18. seramnya.. mungkin ianya sekadar mitos.. di malaysia kami memanggilnya sebagai pontianak iaitu hantu yang berasal dari wanita yang mati ketika melahirkan anak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mizz indonesia kuntilanak...

      Delete
  19. saya malah jadi inget sama pilem kuntilanak mbak. Takut jadinya dengan lagu lingser wengi ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi tengah malam mbak tambah ngeri

      Delete
    2. Tuh Mbak Ririn saja Takut apa lagi lebih takut
      Tapi kalau ada temen nya mah gak Takut dehh hhh

      Delete
  20. Mitos, legenda rakyat, ini sudah lama dengarnya Mbak, tapi belum pernah nyobanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas cahyo saya juga tidak berani nulis sampai habis...takut sendiri

      Delete
  21. mbak jeng indah percaya apa tidak kalau kidungnya kanjeng sunan yang di alam dunia ini terdengar hanya kata kata dalam bahasa jawa, eh di alam lain, di alam jin sana kidung kanjeng sunan terdengan orang bersholawat kepada Nabi Muhammad, dan suaranya sangat merdu sekali.

    itu menurut cerita lho mbak, boleh percaya boleh tidak..

    eh alexanya sudah susut nih..selamat ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu betul mas agus saya percaya...masalahnya kidung2 ini salah niatnya jadi juga salah arti....
      trimakasih ya mas...ingin tambah disusutin tapi susah bengkak lagi nggak tau

      Delete
    2. udah lama-lama lak jadi 100 ribuan

      Delete
  22. jadi kidung ini tujuannya untuk mengusir jin dan setan yang berniat buruk atau memanggil kuntilanak mbak? ko jadi bingung :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya untuk membungkam menurut legenga kanjeng sunan...tapi karena ini jadi latar film kuntilanak akhirnya ini dipercaya malah jadi pemanggil hantu...

      Delete
    2. Ngeri denger nya Mbak saya sendian lagi di rumah
      Wah takuttttttttttt hhh1h1h1h11h Mbak Jenx ini nakutin saya ikh

      Delete
  23. liriknya bikin merinding jenx

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang mang karna itu jadi latar film hantu

      Delete
  24. saya suka filmnya jenk,,,,
    hehehehehe,,,,
    apalagi kalau lagunya di putar malam hari buat pengantar tidur,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. berani,,, ciuss lho ,,,nekat kali yeh dik Maya ,hihih

      Delete
    2. kalau disini tiap malam diputer mbak tapi nggak sampai habis

      iya mas dede mbak maya pemberani

      Delete
  25. lagu mistis bagnat... apalagi klo ada menyan wah mrinding pol :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung pada dateng ya mas rafi
      mas aan jangan nangis kalau takut sembunyi

      Delete
  26. Selamat malam Mbak Jenx Indah ngeri juga baca Kidung Lingser wengi itu
    Yah Mbak Jenx info Cemerlang kreatif mbak jenx ini salam sukses deh Mbak

    ReplyDelete
  27. walah saya malah baru tau mbak, untung saya berkunjung pagi pagi.. jadi bebas membaca bahkan menyanyikan liriknya.. kalau pas malam saya kesini sudah pasti saya batalkan untuk melanjutkan membaca mbak hehehe..

    kemarin saja pas berkunjung di blognya mbak indri, postingannya membahas hantu, langsung saya batalkan dan membuka kembali pada pagi hari wkwkwkwkwk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe takut juga to mas nady ini ....

      Delete
  28. ihhh jadi merinding nih,,,untung berkunjung kesini pas siang hari begini ,wahh kalau malam bisa langsung ngacir nih hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ada mbak kunti muncul dari komputer :D

      Delete
    2. iya mas dede mbak kuntinya kalau siang diakan tidur jadi nggak bakal keluar

      betulkan kang zeer

      Delete
  29. wah serem, tapi boleh tuh dicoba untuk uka-uka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kang tapi saya nggak ikutan saya sakit perut

      Delete
  30. Kalau dilihat kidung lingser wengi memiliki pesona aura yang berbeda,apalagi kalau di lantunkan di tengah malam sepi, namun dengan berkembangnya jaman, kidung ini digubah liriknya menjadi modern dan enak didengar.

    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yang versi campur sari mas indra yang ini kidung asli..sebenarnya mau saya gubah jadi koplo tapi nggak bisa..

      Delete
  31. selamat Sore Mba,,,saya baru pertama Kali ini mendengar kidung Lingser wengi , setelah menyimak Artikelnya sepertinya saya sudah sedikit Paham Mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas tapi jangan dihafalin nanti ingat terus...

      Delete
  32. bikin takut saya saja nih mbak indah. saya kan lagi sendirian :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting jangan di nyanyiin kang

      Delete
  33. lagunya ini bikin merinding, saya pernah jam 1 malam waktu begadang sama temen2 denger lagu ini. bukan hanya saya yang merinding tapi semua temen saya juga ikutan merinding..

    banyak yang bilang lagunya bisa memanggil kuntilanak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ini cuma mitos tetang kebenarannya saya juga kurang tau mas

      Delete
    2. mitos itu yang buat merinding mbak, :D

      Delete
  34. Pengen nyoba,,, tapi ga berani, whuahahahaha...

    ReplyDelete
  35. dengerin tembang ini tengah malam sepi, sambil ngelamun..hemmm

    ReplyDelete

Trimakasih sudah berkunjung
salam persahabatan